Kapolres Subang Pimpin Pencarian Balita Hilang di Desa Kalijati Timur

AKBP Sumarni. zag

POJOKJABAR.com, SUBANG – Kapolres Subang AKBP Sumarni memimpin pencarian terhadap balita berusia 3 tahun, Dariel Geisan Rafasa yang hilang misterius di Kampung Cikaso, Desa Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang, Jawa Barat, pada Selasa (02/05/2023).


Dariel merupakan anak dari pasangan suami istri (pasutri) Haerudin dan Kurniasih. Awalnya, mereka melakukan mudik dari Jakarta ke Kalijati dengan menumpangi mobil Avanza bersama keluarganya.

Pasutri ini membersihkan bagian dalam rumah yang masih proses pembelian. Saat membersihkan rumah, Dariel bermain di halaman rumah menggunakan kaos singlet putih dan celana abu-abu bergaris.

Saat kegiatan bersih-bersih rumah, Dariel masih terlihat bermain hilir mudik dari teras kemudian masuk ke rumahnya sambil ambil biskuit. Di sekitar lokasi rumahnya juga banyak saudara-saudaranya.


Saudara-saudaranya tersebut tidak begitu memperhatikan aktivitas Dariel secara intens. Kurniasih menyadari anaknya sudah hilang, kemudian meminta bantuan suami dan keluarganya, pada Senin (24/4/2023).

Hilangnya balita tersebut dilaporkan kepada pihak kepolisian. Pencarian menggunakan anjing pelacak K-9 dari Brigan Satpomau Lanud Suryadarma dari titik awal anak hilang sampai kebun bambu sekitar lokasi.

Pencarian dilanjutkan Unit Satwa dari Dit Samapta Polda Jabar dengan satu anjing pelacak dipimpin Kanit Satwa Dit Samapta Polda Jabar Iptu Novian Yuga Prama dan 2 anggota Satwa Dit Samapta Polda Jabar.

Pengendusan anjing pelacak mulai dari rumah tinggal dan menyusuri area kebun warga dengan radius kurang lebih 200 meter dari lokasi sampai titik terakhir berhenti di sisi perairan Sungai Cibodas.

Pada Jumat, 28 April 2023, dari lokasi sampai Muara Sungai Ciasem dilakukan upaya pencarian kejadian anak hilang yang perkembangan informasi adanya temuan mayat anak terbawa arus Sungai Ciasem.

Pencarian melibatkan dari Tim Tanggap Bencana dari BPBD Kabupaten Subang dipimpin Didin Tajudin, TAGANA, Relawan KRI (Komunitas Rekawan Independent) dan masyarakat sekitar Muara Ciasem.

Waktu itu, karena kondisi cuaca hujan dan arus deras, tim tidak berhasil menemukannya. Pada hari ini atau Selasa (2/5/2023), Kapolres Subang turun langsung memimpin pencarian Dariel.

Kapolres Subang mencari Dariel bersama Personel Sat Reskrim Polres Subang, Kapolsek Kalijati dan anggota, perwira Polres Subang, Kepala BPBD Subang beserta Tim, Tagana, dan Rescue.

Selain itu, personel TNI AD dan AU, relawan KRI dan masyarakat sekitar Muara Ciasem, Cikaum, dan Blanakan, Kabupaten Subang. Pencarian terhadap Dariel dilakukan dengan cara dibagi menjadi tiga tim.

Tim Tagana bersama rescue difokuskan untuk mencari Dariel di lokasi kolam lumpur, kolam air, termasuk sumur-sumur yang ada di sekitaran rumah korban.

Tim dari Polres Subang menyusuri jalur darat dan menanyakan ke masyarakat sekitar, dikhawatirkan anak tersebut berada atau bersembunyi di rumah warga, serta melacak dengan teknologi informasi.

Tim BPBD Subang dan Sat Samapta Polres Subang difokuskan menelusuri Sungai Cibodas, Cijengkol, Sindang sari, bendungan Cimacan, sampai dengan titik akhir Muara Ciasem. Para Kapolsek jajaran juga dikerahkan untuk membantu proses pencarian di wilayahnya masing-masing.

Selanjutnya, Kapolres Subang juga menegaskan untuk semua tim yang terlibat agar semuanya fokus dalam proses pencarian, dan untuk Tim BPBD, rescue, Tagana, yang terjun ke lokasi Sungai, sumur agar dilengkapi dengan pengamanan diri.

Selain pencarian Dariel, Kapolres Subang memerintahkan Sat Reskrim Polres Subang mengecek dan melakukan penyelidikan kemungkinan anak tersebut dibawa oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

“Bagi masyarakat mengetahui keberadaan Dariel, bisa menghubungi no kontak 081383990086,” pungkasnya.

(zag/pojokjabar)