Menko PMK Bersama Kakorlantas Polri Pantau Posyan Terpadu KM 102A Tol Cipali

Anggota Polres Subang. zag

POJOKJABAR.com, SUBANG – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Kakorlantas Polri Irjen (Pol) Firman Santyabudi meninjau Pos Pelayanan (Posyan) Terpadu Rest Area KM 102A Subang, pada Minggu (23/04/2023).


Mereka saat meninjau posyan tersebut didampingi Kasubditwal dan PJR Ditgakkum Korlantas Polri Brigjen (Pol) Juni, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, Kapolres Subang AKBP Sumarni, dan Pejabat Utama (PJU) Polres Subang.

Muhadjir Effendy mengatakan penumpukan arus mudik di beberapa titik yang terjadi pada tahun lalu sudah dapat diatasi dengan memberikan penambahan fasilitas dan tata kelola yang lebih cermat oleh jajaran terkait.

Meski sempat terjadi peningkatan arus kendaraan, kata Muhadjir, namun, volume kendaraan sudah mulai melandai. Secara umum arus lalu lintas mudik Lebaran berjalan dengan lancar dan tidak ditemui insiden atau kecelakaan yang fatal.


Muhadjir mengimbau agar pemudik tidak lama beristirahat di dalam rest area untuk menghindari penumpukan kendaraan di tempat parkir yang mengakibakan kemacetan hingga pintu masuk rest area.

Rest area, lanjut Muhadjir, dapat digunakan seperlunya, seperti membeli makanan dengan take away serta buang air di toilet. Tidak untuk tiduran atau nongkrong karena yeng membutuhkan rest area banyak.

“Jangan berlama-lama misalnya sampai tiduran, atau nongkrong berlama-lama. karena yang membutuhkan rest area sangat banyak, juga untuk salat bisa di kendaraan, tayamum bisa di kaca mobil atau tempat lainnya yang memungkinkan,” ucapnya.

Muhadjir pun menambahkan kepolisian telah melakukan kebijakan bagi pemudik yang kelelahan dan membutuhkan waktu untuk tidur agar dapat keluar melalui exit toll terdekat untuk istirahat di tempat yang aman dan nyaman bagi pemudik.

Pemudik disarankan untuk mencari tempat istirahat yang disediakan jajaran kepolisian maupun tempat-tempat lain. “Kalau sudah istirahat bisa masuk lagi tol untuk melanjutkan perjalanan,” ujarnya.

(zag/pojokjabar)