Ngabuburit ala Kapolres Subang, Kasih Bantuan kepada Warga Miskin Secara Door To Door

AKBP Sumarni saat door to door. zag

POJOKJABAR.com, SUBANG – Ngabuburit atau kegiatan menunggu azan magrib jelang berbuka puasa pada bulan Ramadhan menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat melakukan berbagai kegiatan saat ngabuburit tersebut.


Ada masyarakat yang jalan-jalan, bermain, bercengkerama, mendatangi ke pasar kuliner atau taman saat ngabuburit. Namun, berbeda dengan yang dilakukan Kapolres Subang AKBP Sumarni saat ngabuburit.

Saat ngabuburit, AKBP Sumarni memilih mengunjungi ke satu per satu rumah warga yang tidak mampu, anak yatim piatu dan lanjut usia (lansia). Tak hanya berkunjung, tapi AKBP Sumarni juga memberi bantuan.

Kali ini, AKBP Sumarni didampingi Kapolsek Pagaden Kompol Undang Sudrajat ngabuburit di Desa Gunungsari, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis, 13 April 2023, mulai jam 17.00 wib.


Mantan Kapolres Sukabumi Kota tersebut mendatangi Mak Iti. Nenek berusia 74 tahun tersebut hanya bisa berbaring di atas kasur karena penyakit yang dideritanya. AKBP Sumarni pun beri bantuan kepad Mak Iti.

Dari rumah Mak Iti, AKBP Sumarni lalu mendatangi rumah kakek Sadna. Kekek berusia 80 tahun tersebut tidak bisa melihat. AKBP Sumarni pun memberi bantuan kepada Kakek Sadna.

Selanjutnya, AKBP Sumarni mendatangi rumah Mak Castem. Mak Castem hanya tinggal sendiri di rumahnya. Mak Castem pun dapat bantuan langsung dari AKBP Sumarni. Mak Castem begitu bahagia.

Setelah dari Mak Castem, AKBP Sumarni mendatangi rumah Mak Onih. Mak Onih berusia 73 tahun ini begitu antusias dengan datangnya AKBP Sumarni, bahkan minta bantuan untuk berobat ke rumah sakit.

AKBP Sumarni pun beri bantuan kepada Mak Onih. Selain itu, memerintahkan kepada Bhabinkamtibmas agar bantu Mak Onih bila hendak berobat ke rumah sakit, biayanya akan dibantu oleh AKBP Sumarni.

Kepala Desa Gunungsari Tatang Sugiwa menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Subang AKBP Sumarni yang telah keliling rumah warganya untuk memberikan bantuan menjelang buka puasa Ramadhan.

“Kita mengucapkan puji syukur atas kehadiran ibu Kapolres dalam rangka memberikan bantuan sosial kepada warga kami yang memang membutuhkan. Kami sangat-sangat berterima kasih,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Subang AKBP Sumarni mengatakan pihaknya keliling rumah warga untuk memberikan bantuan sebagai bentuk kepedulian polisi terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Kami mendatangi satu per satu warga yang tidak mampu untuk memberikan bantuan sebagai kepedulian pihak Kepolisian terhadap masyarakat yang tidak mampu di Kabupaten Subang,” ucap AKBP Sumarni.

Selain beri bantuan, AKBP Sumarni pun memotivasi masyarakat agar semangat menjalani kehidupan. “Semoga yang kami lakukan bermanfaat dan meringankan beban masyarakat tidak mampu,” ujarnya.

Tak hanya itu, AKBP Sumarni pun berharap kegiatan yang dilakukannya semakin mendekatkan polisi dengan masyarakat, dan masyarakat semakin merasakan manfaat atas kehadiran polisi.

(zag/pojokjabar)