Sah, Indonesia Jimny Festival 2023 Pecahkan Rekor Muri

Indonesia Jimny Festival (IJF) 2023, mencatatkan sejarah dalam jagat otomotif Tanah Air, dengan menciptakan Rekor Muri dalam track day mobil sejenis dan satu merek terbanyak di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (18/6).

POJOKSATU.id – Indonesia Jimny Festival (IJF) 2023, mencatatkan sejarah dalam jagat otomotif Tanah Air, dengan menciptakan Rekor Muri dalam track day mobil sejenis dan satu merek terbanyak di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (18/6).


Event IJF2023 adalah bagian dari Kegiatan Offroad bersama Founder dalam rangka Tribute to Syamsir Alam dan Askar Kartiwa dengan dukungan dari Manajemen Sirkuit Internasional Sentul.

Dilepas Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (Bamsoet) Komisaris Indomobil Grup, Soebronto Laras dan Ronny Kusuma selaku Ketua Penyelenggara IJF 2023, tidak kurang dari 500 pemilik Jimny memenuhi area Sirkuit Sentul kemudian melakukan parade keliling sirkuit.

Saat prosesi menciptakan Rekor Muri, Bamsoet dan Soebronto Laras merasa kagum kepada penyelenggaraan IJF 2023 karena berhasil mengumpulkan hampir 500 pemilik Jimny dalam waktu 1 bulan.


“Saya mengenang kembali mobil Jimny Jangkriknya dulu ketika muda,” ucap Bamsoet.

Sementara Soebronto Laras terkagum kagum melihat Jimny SJ10 era 70-an dengan mesin 2 tak dalam kondisi restorasi yang sangat baik, bahkan ia sempat diajak mencoba keliling lokasi IJF.

Setidaknya, ada 465 mobil Jimny denerasi 1 hingga generasi 4 dari 12 provinsi dilepas Bamsoet dan Soebronto Laras langsung melesat masuk Lintasan Sirkuit Sentul untuk menjalani prosesi penilaian dan verifikasi dalam upaya menciptakan Rekor Muri.

Direktur Utama Sirkuit Internasional Sentul, Didi Hardianto ikut ambil bagian mengendarai Jimny bersama peserta IJF masuk lintasan sebanyak 3 putaran.

Sebelumnya, 15 mobil Jimny dengan spesifikasi balap, lebih dahulu menjajal lintasan balap sebagai eksibisi sebanyak 3 putaran, kemudian dilanjutkan dengan ratusan Jimny menjajal lintasan Sirkuit Sentul.

Pihak Muri juga menyampaikan hasil keputusannya bahwa kegiatan Track Day yang dilakukan 465 mobil Jimny berhasil menciptakan Rekor Muri baru khususnya di bidang otomotif.

Penghargaan diberikan kepada Event Indonesia Jimny Festival 2023, kepada pihak Sentul sebagai pendukung lokasi acara dan Media Berita Indonesia Link sebagai Penyelengara IJF 2023.

Ketua Penyelenggara IJF2023, Ronny Kusuma mengapresiasi semua anggota panitia, peserta IJF2023, kepada IOF Founder dan Sirkuit Internasional Sentul yang telah mendukung IJF hingga terwujudnya mimpi para pemilik mobil Jimny agar bisa mencoba lintasan balap Sirkuit Sentul dan menciptakan Rekor Muri dengan Jimny.

“Insha Allah tahun 2024, IJF akan diselenggarakan dengan jumlah peserta lebih banyak lagi, lebih meriah dan terus mendukung hidupnya ekosistem Jimny,” ungkap Ronny Kusuma.

Di hari yang sama di halaman parkir Tribun Sirkuit Sentul, Founder IOF melaksanakan kegiatan mengenang berdirinya IOF dan jasa 2 tokoh Offroad Syamsir Alam dan Askar Kartiwa atas kontribusinya.

Hadir dalam kegiatan tersebut mantan Ketua IOF pertama Harry Irawadi, Mayjen TNI Mar (Purn) Djoko Pramono eks Ketua IOF, Jenderal Polisi (Purn) Roesmanhadi, IOF Founder, para Offroader Senior dan Nasional, serta Keluarga Alm Syamsir Alam dan Askar Kartiwa.

“Terima kasih kepada Suzuki, GT Radial, Bumame Associate Lawfirm, Belkote, Bank Mandiri dan Lamban Garage serta kerjasama 30 Media Partner yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan IJF 2023.” ungkap Ronny Kusuma.

(Rishad Noviansyah)