Kapolres Subang Memotivasi Pelajar MAN 2 Subang Agar Meraih Kesuksesan

AKBP Sumarni. zag

POJOKJABAR.com – SUBANG Pelajar MAN 2 Subang agar semangat meraih kesuksesan meskipun di tengah keterbatasan yang dimiliki, karena roda kehidupan bisa berputar asalkan punya tekad kuat, optimis, kerja keras dan berdoa.


Kapolres Subang AKBP Sumarni mengatakan perjalanan hidupnya pun mengalami pasang surut dan lika-liku, tapi semangatnya yang kuat untuk bermanfaat bagi masyarakat hingga akhirnya bisa meraih cita-citanya.

“Pelajar harus punya semangat dan tekad kuat untuk meraih kesuksesan,” ucap AKBP Sumarni saat perpisahaan pelajar kelas XII MAN 2 Subang di Desa/Kecamatan Binong, Kabupaten Subang, pada Rabu (17/5/2023).

Menurutnya, setiap orang punya kesempatan untuk sukses, meskipun tidak beruntung secara materi jangan sampai patah semangat. “Hinaan orang lain harus dibuktikan dengan kesuksesan,” ucapnya.


Untuk meraih kesuksesan tentunya harus disertai dengan berperilaku baik dan tidak jahat terhadap orang lain. Patuh kepada orangtua dan guru. “Moralitas pelajar harus bagus, ahlak baik sangat penting,” ucapnya.

Pelajar agar menjauhkan diri dari narkotika, minuman keras (miras), dan sediaan farmasi ilegal yang dapat merusak kesehatan dan masa depan. Sehingga jika ada peredaran barang-barang tersebut lapor kepada polisi.

“Pelajar agar meningkatkan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tapi, hati-hati, jangan sampai menggunakan media sosial untuk sebar hoaks dan ujaran kebencian, karena ada sanksi hukumnya,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, pelajar yang belum berusia 17 tahun untuk tidak mengendarai sepeda motor sendiri. Bila sudah 17 tahun, saat naik sepeda motor harus memakai helm untuk mencegah fatalitas kecelakaan.

“Kami tidak mau generasi muda mati sia-sia di jalan. Orangtua harus mengingatkan dan mengawasi anaknya. Kalau anak kecelakaan yang rugi orangtua karena membesarkan tidak mudah dan murah,” ujarnya.

Untuk itu, AKBP Sumarni berpesan lulus dari sekolah, harus semakin kreatif. “Jangan mencari kerja tapi membuka lapangan pekerjaan agar semakin bermanfaat bagi masyarakat,” ujar AKBP Sumarni.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Subang Hasanudin pelajar yang lulus tahun ini harus kuliah. “Harus punya tekad untuk kuliah. Yang lulus tahun ini harus 100 persen kuliah, karena generasi penerus,” ujarnya.

Kepala MAN 2 Subang Nurdin menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Subang AKBP Sumarni yang telah memberikan motivasi kepada pelajar kelas XII yang akan menjalani kehidupan setelah lulus sekolah.

“Terima kasih banyak kepada bu Kapolres Subang yang telah memberikan motivasi kepada pelajarnya. Yang disampaikan sangat bermanfaat bagi pelajar agar bisa hidup sukses,” ucap Nurdin. (zag)