Puluhan Tahun Tinggal di Rumah Reyot, Kapolres Subang Bantu Buruh Tani

POJOKJABAR.com, SUBANG – Puluhan tahun sudah Caswan bersama istri dan dua anaknya tinggal di rumah yang berdinding bilik lapuk, beralaskan bata merah yang menghitam dan genting yang bocor tatkala hujan menetes di atasnya.


Caswan bersama istri dan dua anaknya belum bisa merasakan nyamannya tidur di rumah yang layak huni. Mereka harus mengisi hari-harinya berteduh di bawah rumah yang kondisinya menyayat hati.

Buruh tani berusia 75 tahun tersebut punya mimpi agar bisa memberi rumah layak huni untuk istrinya, Icih (68) dan dua anaknya, Wahyu (23) serta Amar (13). Namun, mimpi tersebut belum terwujud sampai saat ini.

Mimpi tersebut belum terwujud karena jangankan untuk bangun rumah, untuk isi perut saja pas-pasan. Maklum saja, sebagai buruh tani, Caswan hanya bisa bawa pulang Rp15 ribu-Rp20 ribu tiap harinya ke rumah.


Kondisi Caswan dan keluarganya sampai ke telinga Kapolres Subang AKBP Sumarni. Tanpa ulur waktu, AKBP Sumarni bersama Kapolsek Binong AKP Edi Juhedi langsung cek kondisi Caswan dan keluarganya.

Mereka mendatangi rumah Caswan di Desa Kertajaya, Kecamatan Tambakdahan, Kabupaten Subang. Kedatangan AKBP Sumarni dan jajarannya tentunya membuat kaget Caswan dan keluarganya tersebut.

Caswan tidak pernah menyangka kalau AKBP Sumarni akan menginjakkan kakinya di rumahnya yang reyot. Apalagi, AKBP Sumarni berupaya untuk mengwujudkan mimpi Caswan punya rumah layak huni.

“Senang banget, tidak menyangka akan kedatangan bu Kapolres Subang. Selain berkunjung, ibu pun beri bantuan kepada kami. Terima kasih bu Kapolres Subang dan bapak Kapolsek Binong,” ujar Caswan.

Sementara itu, Kapolres Subang AKBP Sumarni mengatakan pihaknya berkunjung sekaligus memberikan bantuan kepada keluarga Caswan sebagai bentuk kepedulian Polres Subang kepada masyarakat yang tidak mampu.

“Insya allah kami akan membedah rumah tersebut agar pak Caswan dan keluarga bisa tinggal di rumah layak huni, sehingga semakin semangat dalam menjalani kehidupannya,” ucap AKBP Sumarni.

Mantan Kapolres Sukabumi Kota tersebut berharap dengan bantuan yang diberikan dapat meringankan beban keluarga Caswan. “Semoga bantuan tersebut bisa meringankan beban pak Caswan dan keluarganya,” pungkasnya.