Cek Pasar Pasca Idul Fitri, Kapolres Subang: Harga Sembako Turun dan Stok Melimpah

AKBP Sumarni saat melakukan pengecekan harga. zag

POJOKJABAR.com, SUBANG – Kapolres Subang AKBP Sumarni memantau stok dan harga sembilan bahan pokok (sembako) pasca Hari Raya Idul Fitri di Pasar Pujasera dan Pasar Terminal Subang, Jawa Barat, pada Rabu (03/05/2023).


AKBP Sumarni melakukan pengecekan stok dan harta sembako didampingi Kasat Samapta Polres Subang AKP Tomy Pidianto, dan Kepala Bidang Perdagangan DKUPP Kabupaten Subang Lita Pelitiani.

Mantan Kapolres Sukabumi Kota tersebut mendatangi satu per satu kios mulai kios sayuran, beras, daging dan lainnya. Tak hanya cek harga dan stok, AKBP Sumarni pun belanja sembako di dua pasar tersebut.

AKBP Sumarni mengatakan dari hasil pengecekan yang dilakukannya terhadap stok sembako dalam kondisi aman bahkan melimpah, dan harga sembako mengalami penurunan pasca Hari Raya Idul Fitri.


“Penurunan harga sembako karena stok melimpah, dan menurunnya permintaan sembako dari masyarakat pasca Hari Raya Idul Fitri. Kami terus memantau harga dan stok sembako bersama DKUPP,” ucapnya.

Harga beras Rp12.000 hingga Rp13.000 per kg, harga daging ayam broiler Rp36.000 per kg, harga bawang merah Rp40.000 per kg, harga daging sapi Rp140.000 per kg, serta Rp120.000 per kg untuk daging sapi impor.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan DKUPP Kabupaten Subang Lita Pelitiani mengatakan harga sembako pasca Hari Raya Idul Fitri, sudah stabil dengan rata-rata penurunannya sekitar Rp10.000 per kgnya.

Daging sapi penurunannya dari Rp150.000 menjadi Rp140.000 per kgnya. Bawang merah kisaran Rp30.000 per kg hingga Rp40.000 per kgnya. Cabe rawit sudah ada penurunan sekitar Rp10.000 per kgnya.

“Harga sudah mulai stabil dan stok juga banyak. Sampai Idul Adha, stok sembako di Kabupaten Subang aman. Untuk itu, masyarakat untuk bijak berbelanja, tidak perlu panic buying,” ucapnya.

(zag/pojokjabar)