Kapolres Subang Mengimbau Masyarakat Utamakan Keselamatan Saat Berkendara

AKBP Sumarni. zag

POJOKJABAR.com, SUBANG – Masyarakat yang menggunakan kendaraan diimbau untuk mengutamakan keselamatan daripada kecepatan agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas, sehingga masyarakat bisa selamat dan aman sampai tujuan.


Hal tersebut disampaikan Kapolres Subang AKBP Sumarni saat pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2023 di Jalur Wisata Wilayah Selatan Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (25/04/2023).

Masyarakat, lanjut dia, sebelum melakukan perjalanan agar cek dulu kondisi kendaraan mulai dari mesin, rem, ban dan lainnya. “Pastikan kendaraan dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan,” ujarnya.

Untuk masyarakat menggunakan kendaraan sepeda motor harus memakai helm dan yang naik tidak lebih dari dua orang. “Kami masih menemukan sepeda motor bonceng tiga tanpa memakai helm,” ucapnya.


Pengguna sepeda motor tidak boleh lebih dari dua orang dan wajib memakai helm dalam rangka untuk mencegah terjadinya fatalitas akibat kecelakaan. “Ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan,” ujarnya.

Makanya, lanjut AKBP Sumarni, pengguna kendaraan baik sepeda motor maupun mobil agar mematuhi aturan lalu lintas agar selamat diri sendiri maupun orang lain.

“Kami pun mengimbau kepada pengguna kendaraan tidak memaksakan diri berkendara saat lelah dan mengantuk untuk mencegah terjadinya kecelakaan,” ujarnya.

Saat lelah dan mengantuk, tambahnya, pengguna kendaraan lebih baik istirahat terlebih dahulu, setelah kondisinya fit, baru kembali melanjutkan perjalanan.

“Istirahatnya di tempat yang aman dan nyaman, tidak di sembarangan tempat, supaya tidak mengganggu arus lalu lintas dan tidak kecelakaan,” ucap AKBP Sumarni.

Mantan Kapolres Sukabumi Kota tersebut pun mengajak semua pihak bersama-sama untuk mengutamakan keselamatan saat berkendara karena nyawa sangat berharga.

“Jangan biarkan nyawa melayang sia-sia karena kecelakaan. Karena yang rugi diri sendiri dan keluarga. Mari utamakan keselamatan daripada kecepatan saat berkendara,” pesan AKBP Sumarni.

(zag/pojokjabar)