Kapolres Subang Ingatkan Pemudik Tidak Parkir Kendaraan di Bahu Jalan Tol Cipali

AKBP Sumarni himbau pemudik tidak berhenti di bahu jalan. zag

POJOKJABAR.com, SUBANG – Kapolres Subang AKBP Sumarni bersama Kepala SPN Polda Jabar Kombes (Pol) Joko Surachmanto patroli memakai sepeda motor di sepanjang Jalan ASTRA Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (19/04/2023).


“Kami terus menyisir di sepanjang Tol Cipali wilayah Subang, dari mulai KM 86 sampai KM 123, karena ternyata banyak kendaraan parkir di bahu jalan. Padahal, parkir di bahu jalan bisa berakibat kemacetan dan kecelakaan,” ucap AKBP Sumarni.

Makanya, kata mantan Kapolres Sukabumi Kota tersebut, pihaknya terus menyisir Jalan ASTRA Tol Cipali Kabupaten Subang supaya tidak ada kendaraan yang parkir di bahu jalan demi keselamatan dan kelancaran arus lalulintas pemudik.

“Pemudik jika hendak beristirahat agar memanfaatkan rest area atau keluar gate tol terdekat, tidak beristirahat di bahu jalan tol karena bisa menimbulkan kemacetan bahkan kecelakaan lalu lintas,” ucapnya.


Untuk situasi ASTRA Tol Cipali wilayah Kabupaten Subang hingga petang masih ramai lancat, tidak ada kepadatan hingga membuat kendaraan tidak bergerak.

“Alhamdulillah lancar, ya semoga mudik tahun ini tidak ada kemacetan yang signifikan,” ucap AKBP Sumarni.

Adapun di Rest Area KM 102A yang sebelumnya sempat dipenuhi pemudik sudah mulai berangsur normal dan tidak ada penumpukan kendaraan pemudik.

“Hal itu karena petugas rajin patroli dan ada tim urai untuk mengantisipasi kemacetan dan juga memberlakukan buka tutup apabila kapasitas rest area penuh karena banyak pemudik beristirahat,” ujarnya.

Di sisi lain banyak kendaraan pemudik dan bus mengalami mogok dan ban bocor di jalan sehingga perjalanan mereka terhambat namun dengan kesigapan petugas, pemudik cepat dapat bantuan.

“Untuk itu, masyarakat yang akan mudik agar mempersiapkan betul kendaraannya, jangan sampai ada masalah di jalan yang akan mengganggu kenyamanan saat mudik,” pungkasnya.

(zag/pojokjabar)