Gubuk Reyot Direnovasi Polisi, Nenek Buta Kini Tinggal di Rumah Layak Huni

Anggota Polres Subang memberikan bantuan. zag

POJOKJABAR.com, SUBANG – Kapolsek Cibogo AKP Ikin Sodikin bersama Mak Sarinah di Desa Padaasih, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang, kemarin.


Secercah cahaya menyinari gelapnya kehidupan Mak Sarinah. Cahaya tersebut terpancar dari AKBP Sumarni. Orang nomor satu di Polres Subang tersebut menjadi penerang perjalanan hidup Mak Sarinah.

Setelah puluhan tahun tinggal di rumah beralaskan tanah, berdinding bilik dan asbes, atapnya genting, serta kondisinya hampir roboh, Mak Sarinah kini bisa merasakan tinggal di rumah layak huni.

Mak Sarinah tidak bisa melihat, tapi bisa merasakan uluran tangan AKBP Sumarni dan Kapolsek Cibogo AKP Ikin Sodikin. Mak Sarinah pun terharu atas kepedulian AKBP Sumarni dan AKP Ikin Sodikin kepadanya.


Nenek bercucu dua tersebut telah membuat AKBP Sumarni meneteskan air mata tatkala mengunjunginya, Senin (10/4/2023) silam. Makanya, AKBP Sumarni memerintahkan untuk segera renovasi rumah Mak Sarinah.

Bak gayung bersambut, perintah tersebut langsung dilaksanakan AKP Ikin Sodikin bersama personelnya dan masyarakat setempat. Tak butuh waktu lama, rumah Mak Sarinah pun sudah dilayak huni.

AKP Ikin Sodikin tidak hanya merenovasi rumah Mak Sarinah, tapi juga memberikan tempat tidur baru kepada Mak Sarinah. Warga Desa Padaasih, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang ini begitu senangnya.

Mak Sarinah langsung mencoba untuk memakai tempat tidur yang nyaman dari sebelumnya. Rasa syukur dan terima kasih terus menerus terucap dari mulut Mak Sarinah dalam bahasa Sunda.

Maklum saja, Mak Sarinah tidak pernah menyangka sedikitpun bakal dapat bantuan dari AKBP Sumarni dan AKP Ikin Sodikin. Makanya, Lebaran tahun ini, akan menjadi Lebaran terindah dirasakan Mak Sarinah.

Mak Sarinah mendoakan AKBP Sumarni dan AKP Ikin Sodikin agar sehat, panjang umur, sukses dan banyak orang yang sayang. “Terima kasih bantuannya, maaf merepotkan,” ucapnya dalam bahasa Sunda.

AKP Ikin Sodikin menyampaikan pihaknya menindaklanjuti perintah pimpinan untuk melakukan renovasi rumah Mak Sarinah agar layak huni sehingga Mak Sarinah nyaman dalam menjalani hidupnya.

“Renovasi selesai dalam waktu tiga hari, dan kami pun memberi Mak Sarinah tempat tidur yang baru agar Mak Sarinah nyaman saat tidur,” ucap mantan Kepala Polsek Cisalak Polres Subang tersebut.

Mantan KBO Satlantas Polres Subang ini berharap dengan bantuan yang diberikan, Mak Sarinah semakin semangat dalam menjalani hidup, karena masih ada yang peduli dan sayang terhadap Mak Sarinah.

“Semoga yang kami lakukan bisa semakin mendekatkan polisi dengan masyarakat, dan masyarakat semakin merasakan manfaat kehadiran polisi,” ucapnya.

(zag/pojokjabar)