Kapolres Subang Lepas Ratusan Peserta Mudik Gratis

AKBP Sumarni melepas peserta mudik. zag

POJOKJABAR.com, SUBANG – Kapolres Subang AKBP Sumarni didampingi Pamen Asistensi Polda Jawa Barat AKBP Wawan Hermansyah melepas ratusan warga yang mengikuti mudik gratis yang dilaksanakan Polres Subang di halaman Mapolres Subang, Selasa (18/04/2023).


Mantan Kapolres Sukabumi Kota tersebut saat melepas mudik gratis didampingi pula Wakil Kepala Polres Subang Kompol Satrio Prayogo, Kepala Seksi Propam Polres Subang IPTU Willy Firmansyah dan sejumlah personel Satlantas Polres Subang.

AKBP Sumarni mengatakan pihaknya melepas keberangkatan pemudik yang ikut dalam program mudik gratis yang dilaksanakan Polres Subang dengan jurusan Semarang, Tasikmalaya dan Ciamis.

“Alhamdulillah masyarakat antusias mengikuti program mudik gratis. Mereka tidak hanya mudik, tapi juga saat arus balik akan diberangkatkan dari kampung halaman menuju Subang,” ujarnya.


Untuk memastikan mereka aman dan selamat sampai tujuan, lanjut AKBP Sumarni, kendaraan yang dipakai oleh pemudik diram check terlebih dahulu dan sopir dites urine. “Ini antisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Pihaknya pun berpesan kepada pemudik untuk selalu mengingatkan sopir jangan ngebut-ngebutan di jalan, tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas, jangan melanggar rambu-rambu lalu lintas, serta jangan memberhentikan kendaraan di bahu jalan.

“Semoga kegiatan yang dilakukan oleh jajaran Kepolisian terutama Polres Subang bisa bermanfaat bagi masyarakat dan dapat mengurangi volume kendaraan di jalur mudik Lebaran,” ucap AKBP Sumarni.

Satu dari sekian warga yang ikut mudik gratis adalah Erisah Handayani Suryana. Ia begitu tahu ada program mudik gratis segera mendaftar ke Sat Lantas Polres Subang untuk tiga orang termasuk anaknya.

“Begitu tahu ada mudik gratis, buru-buru datang ke sini daftar. Saya antusias banget karena mudik gratis dapat meringankan beban bagi keluarga,” ucapnya.

Maklum saja, kata dia, saat ini kondisi cukup berat untuk merogoh rupiah dari sakunya. “Masyarakat sekarang susah mau mudik ke kampung halaman, karena terkendala biaya,” ucap Erisah.

Makanya, kata dia, begitu ada kesempatan mudik gratis, dirinya tidak menyianyiakan. Karena ikut mudik gratis, bisa hemat biaya sampai Rp300 ribu lebih. “Mudik gratis bikin hemat tidak keluar ongkos,” ujarnya.

Untuk itu, Erisah berterima kasih kepada Polres Subang yang akan mengadakan mudik gratis. “Terima kasih banyak kepada Polres Subang yang sudah mengadakan program mudik gratis,” ucapnya.

(zag/pojokjabar)