Agar Aman dan Berkesan, 1.245 Personel Jaga Arus Mudik di Kabupaten Subang

AKBP Sumarni saat melihat kesiapan pasukan. zag

POJOKJABAR.com, SUBANG – Sebanyak 1.245 personel gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, PMI dan instansi terkait lainnya terlibat dalam Operasi Ketupat Lodaya (OKL) 2023.


Kepala Polres Subang AKBP Sumarni mengatakan terdapat 1.245 personel gabungan yang akan bertugas di 24 pos pengamanan (pospam) dan pos pelayanan (posyan) serta satu pos terpadu.

Pospam dan posyan tersebut terdapat di Jalan ASTRA Tol Cipali, Jalan Arteri, Jalan Pantura Subang dan tempat wisata.

“Dari 1.245 personel gabungan tersebut dari Polri sebanyak 751 orang,” ucap AKBP Sumarni usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2023 di lapangan upacara Mapolres Subang, Senin (17/04/2023).


Untuk personel Polri dan Dinas Kesehatan, lanjut AKBP Sumarni, sudah sejak 12 April di pos-pos tersebut untuk melaksanakan pra tugas KRYD. Sedangkan untuk petugas gabungan mulai hari ini di pos-pos tersebut.

“Harapannya dengan adanya personel gabungan di pospam, posyan dan pos terpadu, masyarakat yang melaksanakan mudik bisa aman, berkesan dan selamat sampai tujuan,” ucap AKBP Sumarni.

Untuk itu, AKBP Sumarni berpesan kepada masyarakat agar sampaikan kepada tetangga, ketua RT dan ketua RW saat akan mudik supaya mereka bergotong royong mengamankan lingkungan masing-masing.

“Kami mengimbau saat melintas di Jalan Tol Cipali tidak berhenti atau istirahat di bahu tol, karena membahayakan keselamatan pemudik. Pemudik agar mematuhi aturan lalu lintas,” ucapnya.

Dandim 0605/Subang Letkol Inf Bambang Raditya pun berharap dengan personel gabungan bersama-sama melakukan pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2023, pemudik bisa aman dan berkesan.

“Mudah-mudaham mudik jadi aman dan berkesan bagi pemudik. Pemudik yang lelah atau mengantuk bisa istirahat di koramil. Koramil bisa dipergunakan untuk pemudik yang mau istirahat,” ucap Dandim.

Sementara itu, Wabup Subang Agus Masykur Rosyadi mengatakan Polres Subang dan Kodim 0605/Subang serta stakeholder terkait sudah menyiapkan personel agar arus mudik lancar.

“Forkopimda kompak untuk mengamankan arus mudik agar lancar di Kabupaten Subang, baik sebelum ataupun sesudah Hari Raya Idul Fitri,” ucap mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Subang ini.

(zag/pojokjabar)