Kapolda Jabar Cek Dua Rest Area di Tol Cipali Subang

Pengecekan jalur mudik. zag

POJOKJABAR.com, SUBANG – Kapolda Jawa Barat Irjen (Pol) Akhmad Wiyagus didampingi Kapolres Subang AKBP Sumarni dan Bupati Subang Ruhimat mengecek kesiapan pos pengamanan (Pos PAM) di Rest Area ASTRA Tol Cipali Kabupaten Subang.


Kapolda Jawa Barat Irjen (Pol) Akhmad Wiyagus didampingi Kapolres Subang AKBP Sumarni dan Bupati Subang Ruhimat mengecek kesiapan pos pengamanan (Pos PAM) di Rest Area ASTRA Tol Cipali Kabupaten Subang, Selasa (11/4/2023).

Mantan Kapolda Lampung ini mengecek kesiapan Pos PAM Lalu lintas Arus Mudik di Rest Area 86A dan 102A ASTRA Tol Cipali Kabupaten Subang dalam rangka menjelang Operasi Ketupat Lodaya (OKL) Tahun 2023.

Menurutnya, arus mudik diperkirakan akan mulai terjadi peningkatan di ASTRA Tol Cipali pada 18 April atau H-4 Lebaran yang berbarengan dengan hari terakhir kerja untuk aparatur sipil negara (ASN).


“Peningkatan arus mudik diprediksi akan berlanjut, karena pada 19 April, pegawai swasta hari terakhir masuk kerja sehingga diperkirakan pada 20 April atau H-2 akan terjadi lonjakan arus mudik,” katanya

Untuk itu, mantan Kapolda Gorontalo tersebut melakukan pengecekan kesiapan semua fasilitas Pos PAM dan Pos Pelayanan (Posyan) untuk petugas berjaga maupun pemudik yang beristirahat.

“Persiapannya sudah matang, tinggal finishing, mudah-mudahan besok atau lusa sudah rapih dan siap digunakan untuk mengamankan arus mudik Lebaran 2023,” ucap mantan Wakapolda Jawa Barat ini.

Sementara itu, Kapolres Subang AKBP Sumarni mengungkapkan Polres Subang sudah siap untuk mengamankan arus mudik, baik di ASTRA Tol Cipali maupun Jalur Pantura Kabupaten Subang.

“Kami menempatkan anggotadengan mobil QR bersiaga sepanjang ASTRA Tol Cipali mulai dari KM 82.800 sampai KM 123 dalam rangka mengantisipasi pemudik menerobos ke jalur sebelahnya saat diberlakukan oneway nanti,” ucapnya.

Maka dari itu, AKBP Sumarni menghimbau kepada pemudik agar mengutamakan keselamatan, jangan mengemudi bila mengantuk, jangan beristirahat di bahu jalan karena sangat berbahaya lebih baik ke rest area tersekat atau keluar pintu tol terdekat.

Selain itu, lanjut mantan Kapolres Sukabumi Kota tersebut, pemudik agar patuhi aturan tertib berlalulintas saat melakukan perjalanan mudik Lebaran agar selamat sampai di kampung halaman.

“Belajar dari mudik tahun lalu, banyak ditemukan pemudik yang beristirahat dan memarkirkan kendaraannya di bahu jalan, hal ini sangat berbahaya bagi pemudik dan bisa memicu kecelakaan,” ujarnya.

(zag/pojokjabar)