Amankan Arus Mudik Lebaran, Polres Subang Bersinergi dengan Stakeholder

Rapat kordinasi jelang arus mudik.zag

POJOKJABAR.com, SUBANG – Polres Subang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral (Linsek) dalam rangka kesiapan menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2023 di Aula Pemda Subang, Kabupaten Subang, Senin (10/04/2023).


Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Subang Ruhimat, Kapolres Subang AKBP Sumarni, Dandim 0605/Subang Letkol Inf Bambang Raditya, Kejari Subang Akmal Kodrat, Ketua DPRD Subang Narca Sukanda dan Danyon 312/KH Letkol Inf Dede Hermawan.

Selain itu, Danlanud Kalijati yang diwakili Dan Pom AU Mayor Pom Medy, PJU Polres Subang, Danramil, Kapolsek, dan Camat Se-Kabupaten Subang, Kepala OPD Pemkab Subang, Kepala Rumah Sakit se-Kabupatan Subang serta tamu undangan lainnya.

Ruhimat mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir khususnya kepada Polres Subang telah mensinergikan berbagai pihak dan unsur terkait dengan baik dalam menjelang arus mudik Lebaran.


“Kita harus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Dalam pelaksanaan tugas harus dilaksanakan dengan rasa penuh keikhlasan dan tanggung jawab,” ucap Kang Jimat, sapaan akrabnya.

Sementara itu, AKBP Sumarni mengatakan Polres Subang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena kegiatan pada hari ini sudah dikordinir dan dibantu pelaksanaannya serta pelaksanaan Rakor Linsek berada di Pemda Kabupaten Subang.

“Pada tahun sebelumnya pelaksanaan mudik itu 85,5 juta di tahun 2023 diprediksi mencapai 123,8 juta yg mana tentunya memerlukan kehadiran petugas di lapangan yang lebih ekstra,” ucap AKBP Sumarni.

Jajaran kepolisian sudah mempersiapkan pelaksanaan pengamanan dengan tentu berkolaborasi dengan seluruh stakeholder terkait. Rencana dimulainya Operasi Ketupat pada tanggal 18 April 2023 sampai dengan 1 Mei 2023 mendatang.

“Kapolda meminta kita mulai lebih awal karena pemudik-pemudik biasanya mengambil hari-hari yang lebih awal. Mereka melaksanakan mudik rata-rata menuju ke wilayah Jawa Barat merupakan pintu lintasan pertama,” ujarnya.

Polda Jawa Barat, lanjut AKBP Sumarni mulai melaksanakan kegiatan pengamanan dari tanggal 12 April sampai 1 Mei 2023.
Pos Pengamanan dan Pelayanan Polres Subang seluruhnya terdapat sekitar 24 Pos.

“Pada 13 April 2023 Kami akan melaksanakan Latpra Ops yang berlokasi di Polres Subang. Semoga Pengamanan Mudik tahun 2023 bisa berjalan aman dan lancar,” ucap AKBP Sumarni.

Sementara itu, Narca Sukanda mengatakan dalam rapat koordinasi saat ini kita harus menyatukan tekad. DPRD Kabupaten Subang sangat mendukung Kepolisian dalam menjaga Harkamtibmas.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian yang telah menjaga situasi Kamtibmas Kabupaten Subang sampai saat ini aman dan Kondusif,” ucap Narca.

Sementara itu, Letkol Inf Bambang Raditya mengatakan Kodim 0605/Subang akan selalu berkoordinasi dengan Polres Subang dan siap membackup untuk mengamankan arus mudik Lebaran 2023.

“Personil Kodim 0605/Subang akan ditempatkan untuk membackup Pihak Kepolisian di 24 Pos yang telah disampaikan ibu Kapolres Subang,” pungkasnya.

(zag/pojokjabar)