Polres Subang Targetkan Zero Stunting

Kapolres Subang, AKBP Sumarni. zag

POJOKJABAR.com, SUBANG – Polres Subang semakin hari semakin banyak program kegiatan yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Satu dari sekian program kegiatan menyentuh langsung masyarakat adalah bapak asuh anak stunting (BAAS).


Program BAAS tersebut mulai dilaksanakan sejak Agustus 2022 atau lima bulan sebelum Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajarannya untuk membantu menurunkan angka stunting.

Waktu itu, AKBP Sumarni rapat dengan Bupati Subang Ruhimat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Subang membahas permasalahan terkait dengan masih banyaknya anak stunting.

Dari rapat tersebut muncul kesepakatan untuk bersama-sama menangani stunting agar Kabupaten Subang Zero Stunting. Mulai dari kepala daerah hingga camat dan Forkopimda Kabupaten Subang jadi BAAS.


AKBP Sumarni dengan sigap memerintahkan Wakapolres Subang hingga Kapolsek menjadi BAAS. Kapolres Subang jadi BAAS untuk lima anak, wakapolres dua anak, kabag masing – masing satu anak, kasat masing – masing dua anak dan dua anak setiap kapolsek.

“Total ada 69 anak stunting menjadi anak asuh. Mereka dapat bantuan makanan empat sehat lima sempurna. Untuk orangtua anak stunting diberi edukasi agar menerapkan pola hidup sehat,” ucap AKBP Sumarni.

Pemberian bantuan kepada anak stunting dan edukasi orangtua anak stunting setiap bulan, sekaligus pengecekan anak asuh untuk mengetahui ada perubahan atau tidak terhadap tumbuh kembang anak tersebut.

Perlahan nan pasti, anak asuh Polres Subang dan Polsek Jajaran sedikit demi sedikit mengalami perubahan tumbuh kembang ke arah yang baik. Hal ini jadi kebahagiaan bagi semua pihak termasuk polisi dan orangtua anak stunting tersebar di Kabupaten Subang.

“Program orang tua asuh anak stunting yang kami laksanakan sebagai bentuk kepedulian Polres Subang dan Polsek Jajaran terhadap generasi Kabupaten Subang agar mereka hidup sehat,” ucap AKBP Sumarni.

Selain itu, tambah mantan penyidik KPK tersebut, dalam rangka mempersiapkan generasi emas Indonesia, dan membantu pemerintah daerah (pemda) mewujudkan Kabupaten Subang Zero Stunting.

(zag/pojokjabar)