Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Cikampek Tingkatkan Kualitas Kader Kesehatan di Dawuan Barat untuk Atasi Stunting

PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Cikampek Gelar Program Upskilling di Desa Dawuan Barat.

POJOKJABAR.com, Jakarta – Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) melalui Fuel Terminal Cikampek menggelar program _upskilling_ bagi Kader Kesehatan Posyandu Cempaka dan Posyandu Remaja Resep di Desa Dawuan Barat, Purwakarta, pada Sabtu (5/9).


Acara ini bertujuan untuk mendukung penanganan stunting di wilayah tersebut dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk 68 kader kesehatan dan 19 kader remaja, serta pemerintah desa dan dinas kesehatan setempat.

Hadir dalam acara ini Ketua Kelompok Substansi Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang dr. Eneng Sukmayanti, MM, Kepala Desa Dawuan Barat Ari Maulana, dan Manager Fuel Terminal Cikampek Syahwin A. Saleh.

Dengan tema “Optimalisasi Peran Kader Kesehatan dalam Penanganan Stunting,” program ini bertujuan meningkatkan keterampilan kader kesehatan dalam memberikan pelayanan yang lebih efektif kepada masyarakat.


Syahwin A. Saleh menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal untuk mengoptimalkan peran kader kesehatan dalam menangani stunting di Desa Dawuan Barat.

“Kami berharap tekad untuk mewujudkan Desa Dawuan Barat bebas stunting terus dijaga melalui kerja sama yang harmonis dengan semua pihak,” ujarnya.

Program upskilling ini dibagi menjadi dua sesi: pelatihan untuk Kader Posyandu Cempaka dengan materi dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jawa Barat, dan pelatihan untuk Kader Remaja Resep dengan fokus pada keterampilan komunikasi, penyuluhan, dan pola hidup sehat, yang disampaikan oleh tim Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang.

Dr. Eneng Sukmayanti, dalam sambutannya, berharap para kader remaja dapat menjadi agen perubahan dalam mempromosikan pola hidup sehat dan mencegah penyakit di kalangan remaja.

“Kami ingin para peserta menjadi pilar penting dalam membentuk generasi yang lebih sehat dan berkualitas,” ungkapnya.

Desa Dawuan Barat, yang menjadi fokus penanganan stunting di Kecamatan Cikampek, telah mendapatkan dukungan berkelanjutan dari Pertamina dalam kolaborasi dengan pemerintah desa, Puskesmas, dan dinas kesehatan setempat.

Pj Kepala Desa Dawuan Barat Ari Maulana menyampaikan rasa terima kasih atas konsistensi Pertamina dalam mendukung program stunting melalui berbagai inisiatif, termasuk penerapan Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) yang berfokus pada lima siklus kehidupan.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan, menyatakan bahwa program ini selaras dengan visi perusahaan dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya pada poin Kehidupan Sehat dan Sejahtera.

“Penguatan kompetensi kader kesehatan melalui upskilling ini akan membantu meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat secara optimal,” pungkas Eko.***