Rektor Uninus Membawa Perubahan, Teknik Informatika Raih Akreditasi Baik Sekali dari BAN PT

Uninus

POJOKJABAR.COM, Bandung – Perubahan-perubahan ke arah lebih baik terus dilakukan oleh Yayasan dan Rektorat Universitas Islam Nusantara (Uninus) Kota Bandung.


Di antaranya peningkatan akreditasi fakultas, program studi dan lembaga yang ingin menjadi kampus unggul.

Paling hangat Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik Uninus meraih akreditasi Baik Sekali, yang sebelumnya selama 37 tahun menyandang akreditasi C.

Kepala Prodi Teknik Informatika, Siti Nur, ST., M.Kim., pun tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya.


“Alhamdulillah ini memang hasil perjuangan yang sangat luar biasa sekali dari semua civitas di Uninus baik di tingkat Prodi, fakultas, Universitas, Yayasan. Setelah penantian 37 tahun Teknik Informatika berdiri baru sekarang di tahun 2023 ini mendapatkan predikat akreditasi baik sekali,” kata Siti, usai kegiatan syukuran capaian akreditasi Prodi Teknik Informatika, di Kampus UNINUS Jalan Soekarno Hatta No 530, Selasa (17/1/2023).

“Pas denger itu, tidak nyangka. Alhamdulillah atas izin Allah do’a dan ikhtiar kita mendapatkan predikat baik sekali dan tentunya di sini syariatnya juga dengan kehadiran Prof Obi yang sekarang menjadi Rektor kita, Uninus ini bisa menjadikan informatika ini menjadi baik sekali. Juga kepada seluruh tim akreditasi di fakultas teknik yang hebat yang luar biasa,” imbuh Siti.

Saat ditanya tahapan penilaian sampai bisa meraih predikat Baik Sekali, Siti mengungkapkan timnya pertama kali upload dokumen di tahun 2021 akhir, termasuk menyertakan bukti buktinya. perjuangan hampir dua tahun, dan melalui proses dan penantian panjang.

“Alhamdulillah, kami di Prodi Teknik Informatika sebelumnya sudah mempersiapkan itu secara matang. Setelah closing pun tanggapan dari aksesornya mengatakan bahwa setelah 2 tahun melaksanakan AL (akreditasi lapangan) secara daring baru pertama kali ada kampus yang berjuang sampai malam,” kata Siti.

Rektor UNINUS, Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si., yang menghadiri acara syukuran Ini mengatakan, bahwa ini merupakan kegiatan tasyakur binnimah karena Fakultas Teknik jurusan Teknik Informatika mendapat akreditasi baik sekali.

“Ini adalah prestasi setelah 37 tahun baru dapat baik sekali dari dulu C terus,” kata Prof Obi, akrab disapa, usai kegiatan.

Prof Obi menambahkan, bahwa ini hadiah karena sebenarnya selama ini kalau akreditasi penanganannya mungkin nggak terlalu serius.

“Ya kalau sekarang kita terjun langsung mulai dari Rektorat Yayasan sampai ke urusan urusan teknis dan nonteknis,” imbuh Prof Obi yang baru menjabat Rektor Uninus secara resmi, pada hari Selasa 3 Januari 2023.

Prof Obi pun mengatakan bahwa capaian Prodi Teknik Informatika meraih akreditasi baik sekali bisa memacu prodi yang masih C menjadi baik sekali, yang B naik lagi jadi A.

Saat ditanya mengenai target UNINUS lainnya? Kata Prof Obi tahun ini masih meningkatkan akreditasi, kemudian tahun depan akreditasi institusi supaya bisa dapat unggul.

Sekedar diketahui pada acara syukuran ini dihadiri oleh Pengurus Yayasan UNINUS, Wakil Rektor, Dekan, KaProdi, Dosen dan mahasiswa Uninus.