Sudah Usang, Damkar Kabupaten Bogor Butuh Peralatan Keselamatan Baru

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor, membutuhkan tambahan peranti keselamatan untuk petugas di lapangan.

POJOKJABAR.com – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor, membutuhkan tambahan peranti keselamatan untuk petugas di lapangan. Pasalnya, perlengkapan yang mereka miliki sudah ketinggalan zaman.


Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bogor, Arman Jaya menjelaskan, peralatan keselamatan petugas di lapangan sudah tidak lagi memadai alias di bawah standar. Terlebih, tugas pemadam kebakaran tidak hanya menjinakkan api, tapi juga melakukan upaya pertolongan (rescue).

“Selain diperbaharui, jita juga memerlukan tambahan peralatan. Ini keselamatan anak-anak di lapangan,” kata Arman Jaya, Rabu (21/6).

Kata dia beberapa yang dibutuhkan yakni mobil pemadam, mobil tangga untuk menjangkau gedung-gedung tinggi serta alat pelindung diri. Termasuk penyediaan hydrant di tempat umum seperti pasar, rumah sakit, perumahan, area pertokoan dan fasilitas publik lainnya. Sehingga mendukung efisiensi petugas damkar saat menaklukkan amukan si jago merah.


“Kami butuh APD dan itu sudah kami ajukan. Namun sangat disayangkan, karena belum bisa direalisasikan. Memang harganya mahal, tapi sesuai dengan fungsinya, menjamin keamanan dan keselamatan personel,” jelas Arman.

Sementara itu, Damkar Kabupaten Bogor telah memiliki 9 unit mobil damkar baru senilai Rp15,7 miliar. “Alhamdulillah, kebutuhan 9 unit ‘Mobil Tempur’ sudah direalisasikan dengan menyerap anggaran mencapai Rp 15,7 miliar. Begitu pula dengan penyerapan anggaran tahun 2023 berjalan untuk pos-pos lainnya sebagian juga sudah direalisasikan,” tutur Arman Jaya.

(Rishad Noviansyah)