Bebas Anemia, Ini Upaya Dinkes Kota Bogor Tingkatkan Kesehatan Anak-anak Melalui Program Aksi Bergizi

Aksi Bergizi di Yayasan Tarbiyatusshibyan atau Yatashi di Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal,Kota Bogor, Rabu (6/9/2023).

POJOKBOGOR.id – Data menunjukkan bahwa di Kota Bogor, terdapat sekitar 28 persen dari total populasi yang menderita anemia, kondisi ini dianggap mengkhawatirkan.


Dalam menghadapi situasi ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menginisiasi sebuah program yang disebut Aksi Bergizi. Program ini merupakan bagian dari upaya masyarakat untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya asupan gizi yang seimbang.

Aksi Bergizi Nasional juga dilaksanakan di Kota Bogor, tepatnya di Yayasan Tarbiyatusshibyan atau Yatashi di Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal pada pada Rabu (6/9/2023).

Sekretaris Dinas (Sekdis) Kesehatan Kota Bogor, Erna Nuraena menjelaskan, dari Aksi Bergizi Nasional ini diharapkan komitmen dari sekolah untuk konsisten menyelenggarakan aksi tersebut secara rutin.


“Bagaimana implementasi gerakan hidup sehat, sarapan bersama, minum tablet tambah darah ini menjadi satu kegiatan yang rutin dilaksanakan di sekolah,” papar Erna.

Dengan begitu, dampaknya ke depan akan menumbuhkan budaya hidup sehat pada anak–anak. Dalam aksi di Yatashi, Erna menyatakan bahwa ada 325 siswa dari pondok pesantren yang diharapkan dapat berperan sebagai pelopor kesehatan di masyarakat.

“Mereka diharapkan dapat menginformasikan dari edukasi yang diterima kepada teman–temannya di sekolah. Sehingga nanti seluruh anak–anak di Kota Bogor memiliki perilaku hidup sehat, makan yang baik dan bergizi serta bebas dari anemia,” urai Erna.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim yang hadir di acara itu mengatakan, program ini juga berkaitan erat dengan stunting.

Bagaimana untuk menciptakan generasi emas, butuh anak–anak yang bebas dari stunting dan anemia.

“Kalian dikumpulkan di sini semua untuk mendapatkan tablet penambah darah dan makanan tambahan. Dengan program ini, anak–anak Kota Bogor bisa tambah sehat dan tambah cerdas,” pungkas Dedie. ***