440 Calon PPIH Jawa Barat Ikuti Tes Tahap Dua untuk Berikan Pelayanan kepada Jemaah Haji Saat di Mekkah

Ppih

POJOKJABAR.COM, INDRAMAYU – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, menggelar tes bagi calon petugas PPIH ( panitia penyelenggara ibadah haji) di Mekkah dan Madinah saat musim haji tahun 2023.


Kegiatan tes dilakukan, sesuai hasil penyaringan tes tahap pertama dari 841 yang mengikuti tes administratif.

H Ajam Mustajam selaku Kepala Kantor Wilayah kementerian Agama Prov Jabar menjelaskan, dari 841 yang lolos ke tahap dua sebanyak 440 orang.

“Hari ini sedang dilaksankan calon ppih tahun 2023, alhamdulillah berjalan lancar, dalam tes ini untuk menghasilkan petugas yang bertanggung jawab. Untuk
yang ikut seksi dari tahapan pertama yakni administratif, 841orang. Sedangkan tahap dua hari ini 440 orang, ” jelas Ajam di komplek asrama haji Kabupaten Indramayu, Rabu 1 Februari 2023.


Dirinya menambahkan, bahwa kelulusan ini sesuai kompetensi.

“Yang utama sesuai alhlak dan moral , karena PPIH ini akan melayani jamaah haji,khususnya yang berusia lansia ini banyak sekali ,harus melakukan dengan baik, ” terangnya.

Sebagai PPIH, harus melayani jamaah haji dengan aksi.

“Melayani dengan aksi itu syarat utama PPIH, ” jelasnya.

Dalam tes tahap dua ini, skema ujian dilakukan secara CAT (sistem komputer) dan wawancara.

“Ujian dengan skema tes cat dan wawancara, setelah lulus tahap dua akan ada pelatihan selama 10 hari, dan pelatihan sebagai PPIH ini wajib sebagai sebuah pengabdian kepada jamaah haji Indonesia, ” pungkasnya.