Dalam Rangka Hari Bhakti Imigrasi ke-73 Imigrasi Kelas I TPI Cirebon Ziarah ke Makam Ismail Saleh

Ziarah

POJOKJABAR.com, CIREBON– Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon melakukan ziarah dan tabur bunga di makam mantan Menteri Hukum dan HAM pertama Ismail Saleh di Komplek Makam Syekh Datuk Kahfi, Gunung Jati Kabupaten Cirebon diikuti pejabat struktural beserta ibu Dharma Persatuan Kanim Cirebon, Selasa (24/1/23).


Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Bhakti Imigrasi ke-73 sekaligus bukti nyata penghormatan kepada para pejuang khususnya di Kementerian Hukum dan HAM.

Kepala Imigrasi Cirebon, NR. Pujiastuti menuturkan, kegiatan ziarah dan tabur bunga ini
merupakan rangkaian peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke- 73 yang jatuh pada 26 Januari 2023.

“Kegiatan tersebut merupakan wujud penghargaan setinggi-tingginya terhadap jasa para pahlawan yang banyak berjasa bagi bangsa dan negara,” tutur Puji.


Mantan Kabag Tata Usaha Imigrasi Soekarno Hatta ini menjelaskan, kegiatan ini sebagai momentum mengingatkan kepada kita semua agar tetap menghargai dan juga mengingat peninggalan yang dilaksanakan para pahlawan.

“Ambilah intisari dari perjuangan dan jasa para pahlawan,” ucapnya.

Kegiatan ini, sambung Puji, diharapkan tidak menjadi seremonial saja, akan tetapi sebagai
pengingat akan jasa dan pengorbanan para pendahulu kita yang sampai saat ini bisa kita rasakan.

“Jangan pernah kita melupakan akan sejarah. Kita berdiri disini hasil jerih payah jasa dan pengorbanan serta perjuangan para pahlawan yang sudah mendahului kita,” ucapnya.

Sebagai informasi, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Ismail Saleh, S.H. (7 September 1926 – 21 Oktober 2008) adalah Jaksa Agung Republik Indonesia untuk periode 1981 sampai 1984 dan Menteri Kehakiman pada masa Pemerintahan Soeharto pada 1984 sampai 1993.

(zag/pojokjabar)