Jelang Idul Adha Ade Puspitasari Imbau Warga Beli Hewan Ternak Lokal Saja

Ade Puspitasari.

POJOKSATU.id, BEKASI – Anggota DPRD Jawa Barat, Ade Puspitasari melihat adanya permintaan hewan ternak di Jawa Barat mengalami peningkatan yang tajam dari tahun-tahun sebelumnya jelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah.


Momen ini dimanfaatkan para peternak untuk mendapatkan pasar guna menjual hewan ternak mereka.

Meskipun demikian, peternak lokal menghadapi permasalahan yaitu penyakit ternak seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Lumpy Skin Disease (LSD) atau nama populernya “penyakit lato-lato” yang sering menyerang hewan ternak.

“Kondisi ini perlu campur tangan Pemda. Kesehatan ternak harus dipantau. Pastikan ternak yang dijual dalam kondisi sehat dan layak konsumsi. Sisi lain, peternak perlu dibantu mempercepat penyembuhan penyakit kulit pada sapi, agar peternak dapat untung dari momentum Idul Qurban,” imbau Ade Puspitasari.


Jelang Hari Raya Qurban, pedagang hewan ternak banyak mendatangkan hewan ternak dari luar daerah guna memenuhi kebutuhan hewan qurban.

Hal itu menyebabkan adanya persaingan harga ternak yang terjadi antara pedagang hewan ternak.

Ade juga mengimbau agar panitia kurban mengutamakan hewan ternak dari warga DIY. Sehingga pedagang ternak lokal terutama pedagang yang mengalami kerugian akibat penyakit ternak “lato-lato” tetap bisa mendapatkan berkah dari Hari Raya Idul Adha. (*)