Terpanjang Se-Indonesia… Ini Dia Jembatan Gantung yang Lagi Ngehits di Sukabumi

MEMPESONA : Objek wisata jembatan gantung di kawasan wisata Situ Gunung Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi memacu adrenalin para pengunjung.

MEMPESONA : Objek wisata jembatan gantung di kawasan wisata Situ Gunung Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi memacu adrenalin para pengunjung.

Cari Aman

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Potensi pariwisata di Kabupaten Sukabumi terus menggeliat.

Setelah Geopark Palabuhanratu mampu menyedot wisatawan baik lokal, regional dan internasional. Kini, di kabupaten terluas se-Jawa-Bali ini juga bakal memiliki destinasi wisata yang tak kalah menariknya.

Ya, objek wisata jembatan gantung yang berada di kawasan wisata Situ Gunung Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi ini, kini menjadi buah bibir.

Bukan hanya panorama alamnya yang memang sangat indah. Namun, jembatan yang memiliki panjang 200 meter dan lebar sekitar 1, 70 meter dengan ketinggian sekitar 100 meter ini juga bisa memacu adrenalin bagi para wisatawan.

Tak ayal, jika objek wisata jembatan yang saat ini masih dalam proses pengerjaan oleh pihak investor itu, menjadi buruan para wisatawan domestik.

Camat Kadudampit, Zaenal Abidin mengatakan, objek wisata jembatan gantung yang menghubungkan ke area air terjun Curug Sawer tersebut, kerap dikunjungi insan muda untuk berselfie dan mempostingnya di media sosial.

Sehingga, membuat tempat ini dengan cepat melejit dan dikenal terutama bagi penggiat facebook, instragram, twitter maupun media sosial lainnya.

“Meski jembatan gantung ini baru dibangun sejak tiga bulan terakhir ini, tetapi sudah menjadi buah bibir di semua kalangan. Bahkan, pada liburan natal dan tahun baru kemarin, para wisatawan yang datang untuk berkunjung ke sini melonjak signifikan. Peningkatannya hampir 10 kali lipat dibanding dengan tahun sebelumnya. Rencananya, pada bulan depan, jembatan terpanjang se-Indonesia ini, akan diresmikan yang dihadiri oleh pimpinan daerah,” jelas Zaenal.

Sementara itu, Sekretaris Dinas (Sekdis) Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Yudi Panca Yoga menjelaskan, pihaknya mengira pada dua tahun terakhir ini, TNGGP telah banyak berkiprah dalam ekowisata.

“Mereka telah mengembangkan wisata. Bahkan, mengarah ke objek wisata kelas dunia dengan grand design yang mereka buat. Bukan hanya itu, pihak TNGGP juga telah membuat zona-zona yang disiapkan diluar zona inti yang bisa dimanfaatkan untuk ekowisata. Namun, kami belum mengetahui berapa anggaran yang digunakan oleh investor tersebut dalam membangun jembatan gantung itu,” katanya.

Dalam zona pembangunan objek wisata tersebut, TNGGP telah mempersiapkan wisata dengan spot-spot yang bisa dibangun melalui dana dari APBN dan para investor. Pihaknya berencana akan mengundang mereka untuk melakukan ekpose rapat dinas bulanan.

Hal ini akan dilakukan, agar program mereka dapat diketahui secara luas oleh perangkat daerah. Sehingga, bisa melihat peluang kerjasama ataupun spot mana yang bisa kita dukung. Sebab itu, pihaknya sangat mendukung perihal pembangunan objek wisata jembatan gantung ini. Karena tidak bisa dipungkiri dengan adanya objek wisata tersebut, dapat mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi warga sekitar.

“Mereka memang telah memperisiapkan sedemikian rupa. Hal itu, terbukti dari lokasi objek wisata jembatan gantung yang saat ini masih dalam proses pembangunan itu, tempatnya nanti tidak akan jauh dengan pembangunan jalan tol di Sukabumi. Jadi memang cukup strategis,” pungkasnya.

(radar sukabumi/cr13)


loading...

Feeds