POJOKJABAR.id – Petugas Agen BRILink, berhasil menggagalkan aksi penipuan, hingga viral di akun media sosial X (dulu Twitter) belum lama ini.
Penipuan pun dilakukan seorang laki-laki yang akan menarik uang Rp3 juta dan meminta langsung ditransfer.
Tidak lama setelah kutak-katik ponselnya, pelaku yang dijuluki ‘Mission Impossible’ menyatakan kepada petugas Agen BRILink sudah ada bukti.
Akan tetapi, ia tetap tidak bisa mendapatkan transfer senilai yang diminta, karena petugas Agen BRILink tidak menemukan bukti adanya mutasi.
Aksi ‘Mission Impossible’ ini bisa disimak di CCTV, terjadi pada 21 Oktober, pukul 10.55 WIB.
Petugas Agen BRILink sangat teliti sehingga berhasil menggagalkan misi penipu itu! Artinya penipuan betul-betul impossible untuk dilakukan.
Bagi Agen BRILink yang lainnya bisa melakukan hal serupa, dengan cara menerapkan Standard Operational Procedure (SOP). Yaitu, memeriksa terlebih dahulu ada atau tidak adanya bukti telah terjadi mutasi.
Karena itu, si penipu berdalih akan melakukan komplain kepada kantor Bank BRI dan meninggalkan lokasi.
SOP ini juga bisa disimak di gerai transaksi online Agen BRILink untuk pengambilan uang. Isinya adalah:
– Sebelum transaksi kami akan menghitung uang Anda terlebih dahulu.
– Mohon dihitung kembali uang Anda sebelum meninggalkan loket/outlet.
– Kami tidak menerima segala tuntutan/klaim setelah Anda meninggalkan loket.
– Kemudian SOP tarik tunai sendiri adalah: proses transaksi, hitung uang, transaksi selesai.
– Dan SOP setor adalah hitung uang, proses transaksi, transaksi selesai.
Nah, sekarang jelas bukan Si Penipu tidak bisa memenuhi langkah-langkah tarik tunai yang dimintanya itu?
Jadi, jangan coba-coba melakukan “Mission Impossible”, karena memang impossible alias tidak mungkin melakukan tindak penipuan seperti lelaki di CCTV itu.
Semoga dengan kejadian ini semua Agen BRILink dimanapun, ini bisa jadi lebih berhati-hati lagi dan tau aturan SOP yang aman dan benar agar terhindar dari penipuan ya!. (*)