Ekspedisi Napak Tilas Bojong Kokosan Siap Digelar Kodam III/Siliwangi

Kodam siliwangi

POJOKJABAR.COM, BANDUNG – Kodam III/Slw akan menggelar Ekspedisi Napak Tilas dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT TNI ke 77. Pasukan Ekspedisi Napak Tilas akan diberangkatkan pada tanggal 3 Oktober 2022 dari Desa Bojong Kokosan, Kecamatan Parung Kuda, Kabupaten Sukabumi dan direncanakan sampai di etape akhir pada tanggal 5 Oktober 2022 di lapangan Tembak Gunung Bohong Kota Cimahi Jawa Barat.


Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen kepada awak media di Media Center Kodam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung Jawa Barat, Kamis (29/09/2022).

Lanjut dikatakannya, kegiatan Ekspedisi Napak Tilas tersebut digagas dengan visi untuk mengenang peristiwa heroik bersejarah dan mengingat kembali Peristiwa Bojong Kokosan yang merupakan salah satu faktor pemicu peristiwa Bandung Lautan Api, 24 Maret 1946. Selain itu juga untuk membangun karakter bangsa dan rasa kebangsaan melalui Rekontruksi Sejarah Napak Tilas Siliwangi sebagai bagian dari cikal bakal TNI. Kemudian kegiatan ini mempunyai misi untuk merekontruksi ulang nilai-nilai kejuangan Kodam III/Siliwangi dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ekspedisi Napak Tilas akan menempuh jarak lebih kurang sejauh 94, 4 Km. Upacara pemberangkatan pasukan Ekspedisi Napak Tilas digelar di Tugu Palagan Bojong Kokosan dan akan dipimpin langsung oleh Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo. Pasukan Ekspedisi Napak Tilas dalam pergerakannya dibagi dalam 11 etape yang akan berjalan kaki dengan melewati wilayah Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur dan berakhir di Kota Cimahi,” ujarnya.


Ekspedisi Napak Tilas diawali dengan Upacara Tradisi Palagan Bojong Kokosan yang akan dipimpin langsung oleh Pangdam III/Slw, selain itu juga akan digelar berbagai kegiatan yaitu musikal perjuangan, pameran Museum dan UMKM, Story Telling, Pencak Silat, musik keroncong dan pemutaran film perjuangan.

Lebih lanjut dijelaskan Kapendam, pasukan Yonif 315/Grd merupakan pasukan pertama yang akan menempuh etape 1 dari Bojong Kokosan menuju Koramil Cibadak sejauh 12,4 KM. Untuk etape 2 pasukan Yonif 310/KK dari Koramil Cibadak menuju Taman Kota Lapangan Merdeka Sukabumi jarak 13,6 KM dilanjutkan etape 3 dari Taman Kota Lapangan Merdeka Sukabumi menuju Mesjid Al-Jabar Sukalarang dengan jarak 13,2 KM, kemudian berlanjut menempuh etape 4 sejauh 3,2 KM dari Mesjid Al-Jabar Sukalarang menuju Lapangan Cikahuripan Gekbrong dan pasukan bermalam.

Selanjutnya pasukan Yonif Raider 300/BJW akan menempuh etape 5 sejauh 14, 2 KM, dari Lapangan Cikahuripan Gekbrong menuju Masjid Al-Kubro. Kemudian etape 6 dilaksanakan oleh pasukan Yonkav 4/KC menempuh jarak 11,4 Km dari Masjid Al-Kubro menuju RM Sosis Bakar. Untuk etape 7 jarak 12,2 KM dari RM Sosis Bakar menuju Rest Area Raja Mandala, dilaksanakan oleh pasukan Yon Armed 4/GS.

Sementara etape 8 dari Rest Area Raja Mandala menuju Mesjid At-Taubah jarak 12 KM dilaksanakan Pasukan Yonzipur 3/YW. Selanjutnya etape 9 dari Masjid At-Taubah menuju Jembatan SPBE Pertamina jarak 10 Km dilaksanakan oleh pasukan Yon Arhanud 14/ PWY. Sedangkan etape 10 dari SPBE Pertamina menuju Pusdikpom dilaksanakan pasukan dari Yonif 312/KH. Dan etape 11 merupakan etape terakhir dari Pusdikpom menuju Lapangan Tembak Gunung Bohong Cimahi, jarak 2 KM masih dilakukan pasukan Yonif 312/KH.

“Pada etape terakhir pasukan Ekspedisi Napak Tilas akan menuju titik finish bersamaan dengan kegiatan mengarak Gobang Perjuangan, dari Pusdikpom Cimahi menuju tempat Upacara Peringatan HUT TNI ke 77 di Mako Brigif 15/Kujang II,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Kapendam, setelah Upacara Peringatan HUT TNI selesai, acara dilanjutkan dengan penampilan berbagai atraksi, salah satunya pentas seni tradisi budaya Karawang, penyerahan Gobang Perjuangan dan penyerahan hadiah lomba Napak Tilas.

“Gobang Perjuangan mempunyai panjang 7 meter dan berat 7 kuintal merupakan karya seni budayawan dan seniman Karawang yang salah satu inisiasinya adalah Dandim Karawang, nantinya setelah diterima Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, Gobang Perjuangan tersebut akan ditempatkan di Ruang Sudirman Makodam III/Slw,” ujarnya.

Kapendam menambahkan pada finish etape 2 di Lapangan Merdeka Sukabumi kedatangan pasukan akan disambut dengan Pencak Silat dan tarian Jaipong. Kemudian di finish etape 4 di Lapangan Cikahuripan Gekbrong akan digelar tarian tradisional dan pemutaran film perjuangan. (Zag/pojokjabar)