Kebakaran Hanguskan Satu Rumah di Warudoyong Kota Sukabumi, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah

Sejumlah petugas Damkar Kota Sukabumi saat berusaha memadamkan kebakaran rumah warga di Jalan Warudoyong RT 5/5, Kelurahan/Kecamatan Warudoyong,Kota Sukabumi, Jumat (5/8). Ist

POJOKJABAR.id, SukabumiKebakaran menghanguskan satu unit rumah milik Eman Sulaeman warga Jalan Warudoyong RT 5 RW 5, Kelurahan/Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, pada Jumat (5/8/2022).


Menurut informasi yang didapat, kebakaran terjadi sekira pukul 01.30 WIB. Api dengan cepat membakar rumah hingga baru dapat dipadamkan lebih dari 3 jam, tepatnya pukul 3.15 WIB.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi Sudrajat mengatakan, awalnya petugas mendapatkan laporan dari masyarakat terkait kejadian kebakaran.

Diketahui, sumber api tersebut berasal dari tungku kayu bakar yang biasa digunakan untuk memasak.


Baca Juga : Dianggap Mengganggu, Sejumlah Anak Punk di Sukabumi Diberi Pembinaan 

“Jadi istri bapak Eman Sulaeman sedang memasak lalu secara tidak sadar ketiduran dengan kondisi api di tungku masih menyala,” kata Sudrajat, Jumat (5/8/2022).

Lanjut Sudrajat, rumah dengan luas sekitar 4×6 meter persegi itu dihuni tujuh anggota keluarga dan seluruhnya dalam keadaan selamat.

“Objek yang berhasil diselamatkan hanya 10 persen, sedangkan sebagian atap dan barang di dalam rumah ikut terbakar,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pencegahan, Pemadaman dan Penyelamatan Hendar menambahkan, lamanya penanganan Kebakaran tersebut dikarenakan akses jalan yang tidak terjangkau kendaraan damkar. Pasalnya, rumah tersebut berada di pemukiman padat penduduk.

“Kendala di lapangan akses menuju lokasi sangat sulit terjangkau kendaraan damkar. Tempatnya di pemukiman pada penduduk,” kata Hendar.

Hendar menambahkan, seluruh penghuni sementara ini mengungsi di rumah tetangganya dengan kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Dalam upaya pemadaman tersebut, pihaknya menerjunkan tiga tim dan dua unit kendaraan mobil pemadam kebakaran.

“Info sementara di lokasi mengungsi ke tetangganya. Selama penanganan dan penyelamatan tersebut anggota aman dan selamat,” pungkasnya. (rs/pojokjabar)