Pemkab Cianjur Tunggu Soal Aturan Teknis Pelonggaran Masker di Area Terbuka

Bupati Cianjur H. Herman Suherman.

POJOKJABAR.id, Sukabumi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur saat ini tengah menunggu kebijakan aturan teknis pelonggaran pemakaian masker di area terbuka.


Aturan teknis kebijakan pelonggaran masker dari Pemerintah pusat itu nantinya akan di sosialisasikan oleh Pemkab Cianjur kepada masyarakat.

Hal tersebut pasca Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa Pemerintah melonggarkan kebijakan pemakaian masker di area terbuka dengan mempertimbangkan pandemi Covid-19 yang terkendali, Selasa (17/05/2022).

Bupati Cianjur H.Herman Suherman mengatakan, meski telah ada pernyataan soal pelonggaran dari Presiden Jokowi, namun tetap masyarakat harus tetap berhati-hati dengan menyesuaikan penggunaan masker di tempat-tempat tertentu.


“Tetapi tetap dengan waspada hati-hati terutama yang sakit harus tetap pakai masker atau mau menengok orang sakit juga pake masker,” katanya, Rabu (18/05/2022).

Orang nomor satu di Kabupaten Cianjur ini mengimbau, masyarakat tetap sabar menunggu aturan dari pusat dan tetap meningkat prokes ketat.

“Secara umum kita ikuti arahan pak presiden,
Karena kalau sudah menular repot kita semua. Untuk aturannya sendiri belum ada, biasanya dari Mendagri itu menyusul,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur dr. Irvan Nur Fauzi mengatakan, penetapan pelonggaran masker dari pemerintah pusat karena menjelang wabah Covid 19 menuju endemi.

“Jadi ciri-ciri kita mau masuk menjadi wabah endemi,” kata Irvan.

Selain itu Satgas Percepatan Penanganan dan Penanggulangan Covid 19 dr Yusman Faisal menyebut, aturan pelonggaran masker juga nantinya di terapkan di ruang terbuka, termasuk tempat wisata.

“Dalam gedung disebut ruang terbuka, termasuk tempat wisata yang outdoor, karena ada juga wisata yang indoor,” tandasnya. (rc/pojokjabar)