Banjir dan Tanah Longsor Terjang Kabupaten Sukabumi

Material longsor menutup akses salah satu ruas jalan di Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi.

Material longsor menutup akses salah satu ruas jalan di Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi.


POJOKJABAR.com, Sukabumi – Banjir dan tanah longsor di Kampung Cikarae dan Citunge RT 02/05 dan RT 01/03, Desa Boyongsari, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, mengakibatkan satu rumah tertimpa material longsor dan puluhan hektare sawah kebanjiran.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, melalui Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Bantargadung, Sihabudin mengatakan, tanah bencana longsor dan banjir itu terjadi pada Rabu (12/01) sekitar pukul 18:00 WIB.

“Bencana terjadi saat hujan yang cukup deras, sehingga mengakibatkan tebing belakang rumah warga mengalami longsor dan menimpa rumah, sebagian besar material tanah juga menutupi akses jalan desa yang menghubungkan antara RW 01 dan RW 03,” ujar Sihabudin kepada Radar Sukabumi, Kamis (13/01/2022).

Selain itu, sambung Sihabudin, hujan deras mengakibatkan sungai di Cikarae dan Citunge meluap, sehingga merendam puluhan hektare sawah milik warga.

“Sungai di Cikarae meluap terjadi pada pukul 18:00 WIB, sedangkan sungai di Citunge meluap pada pukul 06:00 WIB pagi tadi. Lahan sawah yang terendam banjir sekitar 30 hektare,” paparnya.

Sihabudin menegaskan, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan perangkat Desa/ Kecamatan, Koramil dan relawan. Hal itu guna melakukan pendataan serta memberikan imbauan ke masyarakat untuk tetap waspada.

“Kebutuhan saat ini yakni alat berat untuk pembersihan material yang menutupi jalan, material bangunan untuk korban terdampak.

Warga sekitar bersama-sama membersihkan material yang menimpa rumah. Kami terus mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada mengingat cuaca kurang bersahabat,” tandasnya. (rs/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds