Antisipasi Laka Lantas, Dishub Kota Sukabumi Perbaiki Traffic Light Rusak

Dishub Kota Sukabumi saat memperbaiki lampu traffic light di simpang Cigodeg, Jalan Pemuda, Kecamatan Citamiang, Selasa (12/10).

Dishub Kota Sukabumi saat memperbaiki lampu traffic light di simpang Cigodeg, Jalan Pemuda, Kecamatan Citamiang, Selasa (12/10).


POJOKJABAR.com, SUKABUMI — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, cepat merespon adanya laporan dari warga terkait traffic light di simpang Cigodeg, Jalan Pemuda, Kecamatan Citamiang, tidak berpungsi dengan baik sehingga menghambat arus lalu lintas.

Kepala Dishub Kota Sukabumi, Abdul Rachman mengatakan, setelah mendapatkan laporan petugas langsung meluncur ke lokasi untuk memperbaiki traffic light tersebut.

“Saat ini petugas masih melakukan perbaikan karena memang mengalami kendala pada komponen yang usianya sudah tua,” kata Abdul kepada Radar Sukabumi, Senin (12/10/2021).

Abdul menjelaskan, kerusakan lampu merah ini terjadi lantaran usianya sudah mencapai 15 tahun belum ada pergantian sehingga sering mengakibatkan gangguan hingga mengalami kerusakan komponen.

“Karena memang traffic light di Kota Sukabumi usianya kebanyakan sudah belasan tahun sehingga mudah mengalami kerusakan,” sambungnya.

Terlebih, sambung Abdul, anggaran untuk pemeliharaan pada tahun ini cukup minim lantaran ada rekopusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Untuk pemeliharaan tujuh traffic light saja tahun ini hanya Rp90 juta. Selain anggaran yang minim, karena usia traffic light nya sudah tua sehingga komponennya juga langka,” ujarnya.

Kendati demikian, kondisi tersebut tidak membuat Dishub hanya berpangku tangan saja namun, berpaya melakukan perbaikan dengan cara menggunakan komponen traffic light cocok dengan yang lainnya.

“Ya, menggunakan sistem Kanibal. Jadi menggabungkan komponen dari traffic light lainnya,” ucapnya.

Di tanya soal antisipasi kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas), Abdul menambahkan, Dishub memasang papan petunjuk selama perbaikan lampu agar pengendara lebih berhati hati.

“Ini salah satu langkah antisipasi kecelakaan lalu lintas selama traffic light ini diperbaiki,” pungkasnya.

(rs/bam/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds