Jelang HUT RI ke-76, Penjual Bendera di Kabupaten Sukabumi ‘Leuleus’

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, SUKABUMI — Jelang peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 76 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2021 mendatang, penjual asesoris dan bendera musiman mulai menjajakan dagangannya di beberapa titik. Satu di antaranya di Jalan Palabuhanratu, Kampung Cipicung, Desa Cimanggu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.

Ridwan (32) mengaku, pendapatan dari hasil penjualan asesoris tahun ini dirasa sangat merosot. Hal itu akibat kondisi Pandemi COVID-19 yang sudah berjalan selama dua tahun, sehingga jarang masyarakat memeriahkan kemerdekaan. Selain itu, menurutnya perekonomian juga sedang sulit.

“Tahun ini pendapatan benar-benar menurun drastis, beda dengan tahun-tahun sebelumnya gak separah seperti hari ini. Bahkan sudah 8 hari berjualan hanya beberapa barang saja yang terjual, itupun yang paling kecil,” ujar Ridwan kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Jumat (30/07).

Menurut pria yang mengaku hanya sebagai buruh serabutan dalam keseharinnya tersebut, kondisi Pandemi COVID-19 membuat penjualan semakin lesu. Padahal momentum hari ulang tahun kemerdekaan biasanya menjadi andalan untuk mengais rezeki.

“Biasanya sebelum memasuki bulan Agustus ada saja yang beli, mulai dari bendera kecil hingga berukuran besar. Begitupun umbul-umbul dan asesoris lainnya, sedangkan kalau sekarang kadang 2-5 lembar bendera itu juga yang kecil. Kadang-kadang sehari gak satupun yang beli,” keluhnya.

Lebih lanjut Ridwan mengatakan, barang-barang atau asesoris yang dia jual juga bukan punya saya sendiri tetapi milik orang lain, sehingga dirinya hanya mengandalkan keuntungan saja yang tidak seberapa. Harga asesoris yang dijualnya dibandrol mulai dari Rp4 ribu sampai 65 ribu, tetapi harga segitu masih ada yang menawar.

“Saya hanya mengambil keuntungan dari hasil penjualan saja, kalau rame lumayan buat menutupi keluarga sehari-hari. Mau gak mau tetap bertahan berjulan sampai 20 Agustus nanti. Habis mau kerja juga lagi sulit,” jelasnya.

Dirinya berharap Pandemi COVID-19 ini segera berakhir agar kehidupan masyarakat dan ekonomi yang tengah sulit dapat kembali normal seperti biasanya.

“Mudah-mudahan kondisi ini cepat berangsur-angsur membaik. Susah nyari pekerjaan sekarang mah,” tandasnya.

(rs/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds