Musim Pancaroba, Empat Kecamatan di Kabupaten Sukabumi Ini Rawan DBD

Ilustrasi DBD

Ilustrasi DBD


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Sebanyak empat dari 47 kecamatan di Kabupaten Sukabumi masuk dalam kategori rawan demam berdarah dengue (DBD). Pada transisi musim hujan ke musim kemarau alias pancaroba, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Sukabumi Andi Rahman mengungkapkan, dari 47 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi, empat wilayah diantaranya masuk kategori rawan DBD. Empat kecamatan tersebut adalah Cikembar, Palabuhanratu, Sukaraja dan Karawang.

“Untuk daerah rawan DBD, ada di empat daerah di Kabupaten Sukabumi. Diantaranya, Kecamatan Cikembar, Palabuhanratu, Sukaraja dan Karawang yang berada di (dekat) Kecamatan Sukabumi,” terangnya kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Rabu (16/06/2021).

Adapun angka kasus DBD terbaru di Kabupaten Sukabumi, terdapat 43 dan 9 kasus suspek. Maka dari itu, hingga ssaat ini pihaknya terus menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk bersama masyarakat.

“Saat ini kita terus galakan PSN, melibatkan setiap Puskemas, pemerintah desa dan masyarakat. Misalnya, dengan program jumat bersih untuk memastikan tidak ada sarang nyamuk di lingkungan kita,” terangnya.

Adapun penanganan lainnya, Dinkes malakukan pencarian suspek infeksi dengue lainnya dan pemeriksaan jentik lokasi tempat tinggal penderita dengan radius 100 meter atau minimal 20 bangunan secara random.

“Apabila ditemukan satu atau lebih penderita DBD atau tiga orang suspek infeksi dengue dan ditemukan jentik, maka itu sudah positif DBD. Sedangkan jika tidak ditemukan, itu tandanya negatif,” tutupnya.

Sementara itu, Camat Kadudampit, Zenal Abidin menambahkan, gerakan Jumsih terus digencarkan disetiap desa di Kecamatan Kadudampit. Salah satunya untuk membrantas sarang nyamuk yang berpotensi menimbulkan penyakit DBD.

“Alhamduliah di wilayah kami, hampir setiap pekan Jumsih terus dilakukan disetiap wilayah. Apalagi saat ini masuk musim pancaroba sehingga kita harus memastikan kebersihan lingkungan,” pungkasnya.

(RS/upi/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds