Operasi Ketupat Lodaya 2021, Polres Sukabumi Amankan 24 Taksi Gelap dari Zona Merah

Puluhan taksi gelap yang mengangkut para pemudik dari zona merah terpaksa diamankan petugas di titik penyekatan Operasi Ketupat Lodaya 2021.

Puluhan taksi gelap yang mengangkut para pemudik dari zona merah terpaksa diamankan petugas di titik penyekatan Operasi Ketupat Lodaya 2021.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Polres Sukabumi berhasil mengamankan 24 unit kendaraan taksi gelap yang terjaring dalam penyekatan arus mudik lebaran di wilayah hukum Polres Sukabumi.

“Jadi Polres Sukabumi berhasil mengamankan 24 taksi gelap yang membawa pemudik dari wilayah zona merah untuk mudik lebaran tahun 2021 ini,” ujar Kapolres Sukabumi, AKBP M. Lukman Syarif, Minggu (16/04).

Ia menjelaskan, pelaksanaan penindakan taksi gelap tersebut dimulai dari 22 April sampai dengan 17 Mei 2021. Hal itu dalam rangka operasi ketupat lodaya 2021.

“Setiap kendaraan memasang tarif Rp200 ribu sampai Rp400 ribu per orang, dengan tujuan Jakarta, Depok, Bekasi dan sekitarnya. Begitupun dari Jakarta menuju Sukabumi,” ucapnya.

Puluhan taksi gelap tersebut diamankan di lima titik penyekatan. Yaitu di terminal Benda Cicurug, Jalan Cibolang, kemudian di ruas Jalan Cikembang, Pos penyekatan Gunungbutak dan Bagbagan.

“Taksi gelap ini kucingkucingan dengan petugas, mereka beroperasi pada malam hari agar petugasnya lengah. Namun karena kita menugaskan anggota 24 jam, kita pun bisa mengamankan 24 taksi gelap itu,” tegas Lukman.

Kendaraan yang ditangkap akan diberi sanksi berupa penilangan, karena telah melanggar undangundang nomor 22 tahun 2009, tentang lalu lintas dan angkutan jalan pasal 308 tentang kendaraan yang tidak memiliki izin menyelenggaraan angkutan orang dalam trayek.

“Untuk modusnya sendiri mencari penumpang biasanya mereka menggunakan jejaring sosial atau online. Jadi, mereka juga menyiapkan grup, bahkan kita juga sempat mengamankan handphone dari para driver ini dan mereka memiliki grup yang di dalamnya itu ada juga calon-calon penumpang,” terangnya.

Selain itu, mereka juga saling memberi tahu di grup jika terjadi penyekatan di setiap pos-pos atau ada hambatan menunggu petugas.

“Kita juga berjaga 24 jam agar tidak gampang dilwati taksi gelap,” tandasnya.

(RS/cr1/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds

resepsi pernikahan kabupaten bekasi dilarang

Uji Coba PTM di Kota Bogor Dihentikan

Terkait penghentian uji coba PTM ini telah meminta Dinas Pendidikan untuk menyampaikan keputusan tersebut kepada sekolah-sekolah yang telah menyelenggarakan uji …