Kapasitas Lahan TPA Cikundul Semakin Menipis

Sejumlah petugas saat melakukan pengelolaan TPA Cikundul dengan menggunakan alat berat, belum lama ini.

Sejumlah petugas saat melakukan pengelolaan TPA Cikundul dengan menggunakan alat berat, belum lama ini.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi, menyebutkan kapasitas lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikundul di Kecamatan Lembursitu hanya tersisa 1,5 hektare. Namun, cukup untuk menampung sampah sampai beberapa tahun kedepan.

Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Peran Serta Masyarakat DLH Kota Sukabumi, Herman Permana mengatakan, luas total lahan TPA Cikundul terdapat 10,9 hektare dan 9,1 hektare sudah terpakai saat ini tinggal tersisa sekitar 1,5 hektare.

“Ya, saat ini lahan TPA Cikundul memang sudah menipis tetapi cukup sampai beberapa tahun kedepan,” kata Herman kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id).

Lebih lanjut Herman mengatakan, saat ini TPA Cikundul tengah melakukan pembangunan hasil hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sehingga dapat meminimalisir kekurangan lahan tersebut.

“Alhamdulillah saat ini sedang dilakukan pembangunan TPA hibah dari Kementrian PU, Insya Allah dengan adanya pembangunan itu, TPA bisa bertahan dua sampai tiga tahun kedepan,” ucapnya.

Herman menerangkan, saat ini jumlah sampah yang masuk di TPA Cikundul mengalami peningkatan selama April terdapat sampah sebanyak 175 ton perhari. Angka ini, lebih besar jika dibanding dengan bulan sebelumnya yang jumlahnya hanya 173,6 ton perhari.

“Kalau melihat dari data yang ada timbulan sampah pada April mengalami peningkatan. Timbulan sampah di April ini lebih banyak berasal dari sampah rumah tangga sedangkan sampah dari rumah makan dan cafe agak berkurang,” ucapnya.

Pihaknya meminta, masyarakat dapat memilih dan memilah sebelum sampah di buang ke TPA.

“Dengan begitu, sampah yang masih bisa di daur ulang kan bisa dimanfaatkan lagi,” pungkasnya.

(RS/bam/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds