Cibadak Siap Jadi Ibu Kota Kabupaten Sukabumi Utara

Tugu Nayor yang merupakan simbol dari Kecamatan Cibadak. Istimewa

Tugu Nayor yang merupakan simbol dari Kecamatan Cibadak. Istimewa


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kecamatan Cibadak nampaknya mulai berbenah karena kota nayor ini direncanakan menjadi ibu kota Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru Kabupaten Sukabumi Utara.

Berbagai program telah dipersiapkan untuk menyambut KSU Camat Cibadak Lesto Rosadi mengungkapkan, pada 2021 ini, Kecamatan Cibadak memiliki sejumlah program prioritas yang lebih kepada melayani akses pembangunan yang akan dilakukan oleh pemerintah, baik daerah, provinsi maupun pusat.

“Kami fokus pada perdagangan, pertanian, dan wisata sesuai visi dan misi Bupati Sukabumi,” terangnya belum lama ini.

Pemerintah daerah bersama kecamatan tengah mendorong pembangunan jalan lintas yang menjadi prioritas. Jalan lintas ini sebagai salah satu solusi kemacetan di jalan protokol yang melintas pasar Cibadak karena semakin sulit ditangani.

“Tol bocimi seksi II akan segera beroperasi. Cibadak akan menjadi pusat kemacetan setelah pintu tol seksi II bocimi beroperasi di tahun 2021 ini,” sebutnya.

Jalur alternatif Nagrak yang melingkari Cibadak dianggap tidak akan bisa menampung volume kendaraan jika akses bocimi seksi 2 sudah beroperasi. Dibutuhkan jalan-jalan lintas lainnya sebagai solusi kemacetan di jalur utama dan infrastruktur pendukung sebagai kota besar dan calon ibu kota CDPOB Sukabumi Utara.

“Pemkab tengah mengkaji sejumlah ruas jalan lintas atau alternatif untuk memecah volume kendaraan di jalan nasional Cibadak, alternatif pilihan jalan lintas yang saat ini tengah dicek dan dikaji oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi. Alternatif pertama dari kelurahan hingga pamuruyan. Kedua Sekarwangi Tenjojaya Warnajati dan Pamuruyan. Semuanya tengah dikaji mana yang lebih memungkinkan,” bebernya.

Pemerintah kecamatan juga tengah memantau dan akan membantu dua rencana pembangunan oleh pemerintah pusat di cibadak dalam waktu dekat. Ada pembangunan tol selatan penghubung Cibadak dan Palabuhanratu, serta kawasan edukasi serta industri modern bukit Algoritma.

Untuk dua rencana pembangunan ini, kami selalu pemerintah kecamatan akan membantu prosesnya, karena dua mega proyek ini akan berdampak positif bagi upaya percepatan penataan kota Cibadak dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” pungkasnya.

(RS/upi/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds