Demi Pemekaran Kabupaten Sukabumi Utara, Aktivis Sukabumi Siap Beraksi

Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Sukabumi Utara

Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Sukabumi Utara


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kalangan aktivis Sukabumi mendukung rencana pemerintah dalam upaya pemekaran Kabupaten Sukabumi Utara. Mereka pun mendesak supaya para anggota DPR RI Dapil Sukabumi supaya serius mengawal realisasi pemekaran. Karena hingga kini, para anggota dewan belum terasa kinerjanya dalam memperjuangkan pemekaran.

“Kami sangat setuju dengan adanya pemekaran. Namun selama ini kami melihat kinerja para dewan belum optimal,” ujar Direktur Lembaga Analisa dan Transparansi Anggaran Sukabumi, Moch Fery Permana kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Minggu (11/04/2021).

Menurut Fery, sesuai dengan pernyataan dari Pemda Kabupaten Sukabumi bahwa saat ini proses pemekaran tinggal menunggu keputusan presiden. Artinya, persoalan ini lebih kepada lobi-lobi politik yang notabenenya ranah tersebut ada pada pemerintahan pusat.

“Perwakilan daerah kita ini yang duduk di DPR ada enam orang. Tapi kami belum melihat geregetnya,” imbuhnya.

Fery mengaku akan melakukan aksi bila sikap para anggota legislatif di Senayan masih pasif seperti sekarang. Ia berharap semua anggota legislatif sekarang ini kompak dalam memperjuangkan pemekaran Kabupaten Sukabumi Utara.

“Pemekaran ini kan sudah kebutuhan. Kami siap beraksi untuk suksesi pemekaran ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, sejumlah masyarakat Kabupaten Sukabumi menyatakan mendukung penuh perjuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi dalam upaya mewujudkan pemekaran. Namun mereka menilai, ketika pemerintah daerah dan masyarakat menghendaki pemekaran, perwakilan rakyat yang sekarang duduk di kursi DPR RI malah terkesan pasif dalam memperjuangkan pemekaran.

“Sementara ini saya melihat Pemda Kabupaten Sukabumi masih on the track dalam upaya merealisasikan Pemekaran Kabupaten Sukabumi, saya melihat justru sekarang belum melihat kesungguhan para anggota DPR RI yang mewakili Kabupaten Sukabumi di senayan belum terlihat nyata kesungguhan dalam mendorong tercapainya cita-cita masyarakat Kabupaten Sukabumi yang lama mendamba DOB ini,” ujar Direktur Lembaga Penelitian Sosial dan Agama Kabupaten Sukabumi, Daden Sukendar saat dihubungi Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Minggu (11/04/2021).

Alumni Lemhanas Republik Indonesia ini menilai, pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi baik eksekutif dan legislatif sudah berusaha maksimal dalam mewujudkan pemekaran. Mulai dari melengkapi segala persyaratan yang diamanatkan Undang-undang hingga pada mempersiapkan jumlah anggaran.

Hal senada disampaikan tokoh petani Sukabumi, Rozak Daud. Ketua SPI Kabupaten Sukabumi ini menilai, usulan yang disampaikan Gubernur ke Mendagri harus mendapatkan pengawal yang intensif dari pemerintahan eksekutif maupun legislatif.

“Jangan sampai pemekaran ini menjadi cerita rakyat saja dan agenda musiman secara politik. Makanya hal penting yang harus dilakukan saat ini adalah mengawal di pusat sehingga progresnya jelas dan membumikan sosialisasi kepada masyarakat, karena tingkat menengah ke bawah masyakarat mayoritas belum begitu tahu,” timpalnya.

Rozak mengaku mendukung untuk pemekaran Kabupaten Sukabumi. Menurutnya, semua tahu betul bahwa Kabupaten Sukabumi ini sangat luas. Konteks pemekaran ini jangan dilihat dari sisi politiknya saja tetapi dari sisi kebutuhan dasar bersama masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik dari pemerintah.

(RS/ren/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds