Tol Bocimi Seksi II Cigombong-Cibadak Rampung Agustus, Sukabumi Bebas Macet

Gerbang tol Cigombong 1

Gerbang tol Cigombong 1


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kemacetan abadi ruas jalan utara Sukabumi dari mulai Cibadak hingga Cicurug, sepertinya akan menjadi kenangan. Lantaran, kabarnya progres konstruksi Tol Ciawi-Sukabumi pada seksi II ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km, telah mencapai 76,50% dan ditargetkan rampung pada Agustus 2021.

Kabar baik tersebut disampaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 kilometer (km).

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 km terdiri dari 4 seksi, yaitu seksi I Ciawi-Cigombong (15,35 km), seksi II Cigombong-Cibadak (11,9 km), seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (13,7 km), dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 km). Ruas tol ini dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Trans Jabar Tol dengan nilai investasi sebesar Rp 11,71 triliun.

Seksi I Ciawi-Cigombong telah beroperasi pada Desember 2018 dan terkoneksi dengan ruas tol Jagorawi. Dengan selesainya Tol Ciawi-Sukabumi ini, semakin mendongkrak iklim usaha serta peningkatan perekonomian di wilayah Bogor, Ciawi maupun Sukabumi.

Kehadiran Jalan Tol Ciawi-Sukabumi juga diharapkan dapat memangkas waktu perjalanan dari Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 km bila melalui jalan arteri, dari semula sekitar 3-4 jam menjadi sekitar 1-2 jam. Informasi ini juga disambut masyarakat.

Ikhsan salah satu warga Sukabumi misalnya yang setiap harinya harus menempuh Cibadak-Cicurug, mengapresiasi kabar tentang progres pembangunan Tol Bocimi seksi II Cigombong-Cibadak.

“Kabar baik bagi saya yang setiap hari melintas ke Cicurug. Sudah bosan macet-macetan. Setidaknya, dengan selesainya Tol Cigombong-Cibadak dapat mengurangi kemacetan yang setiap hari saya alami,” ungkapnya penuh rasa syukur saat ditanyai Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Minggu (28/02/2021).

Ikhsan mengakui, saat ini perjalanan dari Cisaat hingga Cicurug bisa mencapai 2,5 jam. Bahkan jika kemacetan parah tejadi, waktu tempuh tidak bisa diprediksi. Namun jika ruas Tol Bocimi seksi II selesai, dirinya memperkirakan paling lama satu jam telah sampai ke Cicurug.

“Kalau sekarang waktu tempuh dari rumah ke Cicurug tidak bisa diprediksi. Tapi paling sebentar itu 2 jam lah. Itu pun saya harus berangkat pagi sekali atau berangkat setelah jam pabrik masuk. Mudah-mudahan dengan adanya tol itu, akan semakin mengurangi waktu tempuh,” harapnya.

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds