Penderita HIV/AIDS di Kota Sukabumi Didominasi Usia 25-49 Tahun

Ilustrasi pengidap HIV.

Ilustrasi pengidap HIV.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Sukabumi, menyebeutkan penderita Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) saat ini didominasi usia 25 hingga 49 tahun yang jumlahnya mencapai 109 dari jumlah total sebanyak 145 kasus terhitung Januari samai Desember 2020 lalu.

Sekertaris KPA Kota Sukabumi, Fifi Kusumajaya mengatakan, dari sebanyak 145 kasus yang ada rinciannya yakni, 94 menderita HIV dan 51 AIDS.

“Sedangkan, penderita kasus ini paling banyak kaum laki-laki yang jumlanya sebanyak 91 orang dan 54 perempuan,” kata Fifi kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), belum lama ini.

Lanjut Fifi, jika melihat dari data yang tercatat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi kasus HIV/AIDS ini mengalami penurunan dimana pada 2019 lalu hanya sebanyak 169 kasus.

“Penurunan kasus ini terjadi karena saat ini masa pandemi Covid-19 dimana pasien seluruhnya menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Menurutnya, penderita HIV dan AIDS sudah ditangani dengan melakukan terapi menggunakan obat Antiretroviral (ARV) yang dalam terapinya didampingi langsung Lembaga Swadaya Masyarakat Lensa Sukabumi sebagai mitra KPA.

“Pendampingan kepada ODHA ini perlu agar mereka tetap semangat dan yang terpenting tidak ada niatan untuk menyebarkan virus mematikan tersebut,” paparnya.

Selain memberikan bantuan terapi, sambung Fifi, untuk menekan angka kasus penyebaran penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan menggerogoti sistem imun tubuh manusia ini juga secara rutin melakukan sosialisasi atau penyuluhan pencegahan HIV dan AIDS.

“Kami juga melibatkan komunitas peduli HIV AIDS untuk melakukan penjangkauan terhadap ODHA yang belum terdata dengan cara melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap komunitas kunci seperti LSL, wanita pekerja seks (WPS) pengguna narkoba suntik dan lain-lain,” pungkasnya.

(RS/bam/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds