Tiba di Sukabumi, 6.600 Vaksin Covid-19 Tahap II Siap Disuntikan

Kedatangan 3300 vial Vaksin tahap kedua ke Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi di Jalan Raya Karangtengah KM 14 nomor 742 Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak.

Kedatangan 3300 vial Vaksin tahap kedua ke Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi di Jalan Raya Karangtengah KM 14 nomor 742 Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Sebanyak 6.630 vial vaksin Covid-19 tahap II sudah tiba di Sukabumi. Dimana, 3.300 vial di Kabupaten Sukabumi dan 3.300 vial di Kota Sukabumi. Vaksin tahap II sendiri, direncanakan mulai dilakukan pada akhir Februari sampai Maret mendatang dan menyasar Nakes, pegawai pelayanan publik, TNI dan Polri.

Kepala Seksi Surveilance dan Imunisasi pada Dinkes Kabupaten Sukabumi, Yayat mengungkapkan, sasaran vaksinasi tahap II ini akan diberikan kepada pegawai pelayanan publik, TNI dan Polri. Adapun jumlah sasaran vaksin ini kurang lebih 27 ribu orang.

“Tahap I kan vaksinasi untuk Nakes, nah untuk tahap II ini adalah pegawai pelayanan publik, TNI dan Polri,” jelasnya saat ditemui di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi di Jalan Raya Karangtengah KM 14 nomor 742 Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/2).

Untuk teknis pendistribusian, sambung Yayat, saat ini Dinkes masih melakukan kajian apakah vaksinasi akan dilaksanakan secara massal atau dilaksanakan di masingmasing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Jadi teknisnya masih menunggu keputusan Dinkes. Nanti tim vaksinator akan datang ke OPD masingmasing, pendistribusian mulai dilaksanakan pada 25 Februari 2021,” sebutnya.

Untuk sementara, terdapat 32 OPD sasaran vaksinasi. Sehingga, pendistribusian vaksin Covid-19 ini akan mulai dilakukan kepada sasaran di OPD yang telah terjadwalkan.

“Mulai besok (hari ini, red) kami distribusikan secara bertahap ke-32 OPD yang telah terjadwalkan,” tambah Yayat.

Sementara itu, Kapolsek Cibadak, Kompol Hadi Santoso menambahkan, sesuai intruksi Kapolres Sukabumi, pihak kepolisian akan melakukan penjagaan ketat gudang farmasi selama satu kali 24 jam hingga proses vaksinasi selesai.

“Tadi kami melakukan pengamanan selama proses kedatangan. Kemudian dilanjut pengamanan gudang farmasi oleh anggota sebanyak empat orang. Sampai selesai, akan dijaga anggota 24 jam. Seluruh rangkaian penerimaan hingga penyimpanan vaksin di gudang farmasi, berjalan kondusif. Seluruh vaksin diterima dalam kondisi baik dan situasi aman terkendali,” bebernya.

Untuk di Kota Sukabumi, vaksin tahap II dengan jumlah 3.300 vial untuk bakal diperuntukan bagi tenaga kesehatan dan pelayan publik. Vaksin kali ini berbeda degan sebelumnya. Dari 3.300 vial yang diterima, per satu vialnya 10 dosis.

Namun pihaknya menghitung dari satu vial itu, cukup untuk sembilan orang sehingga dari jumlah 3.300 viar ini, bisa mencukupi sampai 14.850 petugas publik dan tenaga kesehatan (Nakes) dan penunjang yang belum menerima vaksin.

“Rencananya minggu ini kami akan melakukan vaksinasi tahap II ini. Utamanya untuk TNI dan Polri. Selanjutnya nanti akan diberikan kepada guru, DPRD, tokoh agama, pedagang, atlet dan BUMD,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Sukabumi, dr Lulis Delawati, kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Rabu (24/02/2021).

Jumlah penerima vaksin tahap kedua ini, untuk Kodim 0607 Kota Sukabumi sebanyak 444 personel, Polres Sukabumi Kota 589 personel dan Stukpa Polri 506 Personel.

“Namun kami akan berikan setengahnya dari jumlah yang ada misalnya saja 222 Kodim, 295 Polres Sukabumi Kota, 253 Stupa Polri. Targetnya untuk tahap kedua ini pada Februari sampai Mei mendatang. Kemudian pada Mei vaksinasi akan dilakukan untuk masyarakat,” ujarnya.

(RS/upi/bam/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds