Angka Kematian Ibu dan Bayi di Kota Sukabumi Masih Tinggi

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kasus angka kematian ibu dan angka kematian bayi (AKI dan AKB) di Kota Sukabumi, masih tinggi. Dari data yang tercatat Dinas Kesehatan (Dinkes), terhitung Januari hingga Desember 2020 terdapat 27 bayi dan 12 ibu meninggal dunia saat melahirkan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Sukabumi, Wahyu Hardiana mengatakan, mayoritas kematian ibu melahirkan ini karena terjadinya pendarahan berlebihan.

“Untuk 2020 lalu, terdapat 12 ibu melahirkan dan 27 bayi meninggal dunia. Proses kehamilan terbanyak meninggal itu karena adanya pendarahan, anemi dan penyebab lainnya,” kata Wahyu kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Selasa (26/01/2021).

Selain itu, lanjut Wahyu, kelangkaan stok labuh darah saat pandemi Covid-19 mengalami kelangkaan sehingga ibu yang mengalami pendaraah saat proses pensalinan tidak bisa tertolong.

“Stok darah yang kosong selama Covid-19 memang menjadi salah satu kendala. Sebab itu, dibutuhkan donor darah salah satunya untuk ibu yang dalam proses pensalinan bayi,” ujarnya.

Menurutnya, jika angka kasus AKB 2020 dibandingkan dengan kasus 2019 lalu mengalami penurunan. Pasalnya, pada 2019 lalu kasus kematian bayi mencapai 32 orang sedangkan pada 2020 hanya 27 orang yang meninggal dunia.

“Kebanyakan bayi yang meninggal ini baru dilahirkan, biasanya dengan penyakit bawaan. Kalau kasus kematian ibu masih sama diangka 12 kasus,” imbuhnya.

Guna menurunkan kasus ini, sambung Wahyu, Dinkes akan berupaya meningkatkan kompetensi para petugas dalam pelayanan persalinan.

“Dengan begitu, maka pelayanan baik di bidan maupun rumah sakit akan dapat meningkat pelayanan dan bisa terakses ke fasilitas kesehatan,” ucapnya.

Dinas Kota Sukabumi juga mendorong, ibu hamil untuk melakukan persalinan di fasilitas kesehatan.

“Kami akan memfasilitasi untuk ibu hamil. Dengan bergai upaya yang dilakukan kami harap angka kematian ibu dan bayi ini bisa menurun,” pungkasnya.

(RS/bam/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds