Lagi dan Lagi, Pasien Positif Covid-19 di Sukabumi Kembali Meninggal Dunia


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Lagi dan lagi! Kasus pasien meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 kembali bertambah. Kali ini, seorang warga asal Kecamatan Jampangtengah meninggal dunia dan proses pemakamannya pun menerapkan protokol kesehatan Covid,19, Senin (25/01/2021).

Sekretaris Kecamatan Jampangtengah, Isep mengatakan, pihaknya membenarkan bahwa salah satu warganya meninggal akibat paparan virus corona.

“Hasil koordinasi kami bersama petugas medis dari Puskesmas Jampangtengah, informasinya memang warga yang meninggalitu terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Isep.

Setelah mengetahui kejadian tersebut, pemerintah Kecamatan Jampangtengah langusung melakukan koordinasi dengan seluruh stakehoalder, khususnya tim medis untuk menguburkan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu menggunakan protokol kesehatan.

“Iya, untuk menjaga dari hal yang tak diinginkan, makaproses pemakamannya pun menerapkan protokol kesehatan. Seperti petugas menggunakan APD lengkap Covid-19,” bebernya.

Sementara itu, Kapolsek Jampangtengah, AKP Usep Nurdin mengatakan, pasien yang meninggal itu berjenis kelamin perempuan.

“Jenazahnya sudah dimakamkan sekira pukul 07.00 WIB di tempat pemakaman umum yang lokasinya tak jauh dengan rumah duka,” katanya.

Pasien tersebut telah dikabarkan meninggal dunia pada Minggu, 24 Januari 2021 sekira pukul 22.01 WIB di Rumah Sakit Setukpa Polri. Sementara, untuk proses pemakamannya di laksanakan oleh team dari Rumah Sakit Setukpa di bantu Satgas Covid-19 dengan menggunakan APD lengkap dan SOP penguburan jenazah Covid-19.

“Anggota Polsek Jampangtengah bersama Satgas Covid-19 Jampangtengah melaksanakan pengamanan dalam prosesi pemakaman. Alhamdulillah, semuanya dapat berjalan lancar dan aman,” tandasnya.

Sementara itu, Anggota Bidang Pengelolaan Data Publik Laporan dan Operasional Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sukabumi, Eneng Yulia Handayani mengatakan, saat ini jumlah kasus pasien positif Covid-19 dari awal hingga saat initerdapat 2468 orang. Dari ribuan pasien ini, 2314 orang dinyatakan sembuh dan 39 orang di isolasi serta 67 orang diantaranya masih dilakukan isolasi mandiri. Sementara jumlah total pasien positif Covid-19 yang meninggal dari awal hingga saat ini, berjumlah 48 pasien.

“Pasien yang meninggal asal Kecamatan Jampangtengah itu, laporannya belum masuk ke udpate data Covid-19 Kabupaten Sukabumi. Kemungkinan PEnya belum lengkap sehingga belum terlaporkan. Namun, informasi awal bahwa almarhumah ketika di bawa ke rumah sakit sudah dalam keadaan meninggal dunia dan atas permintaan keluarga dilakukan swab mortem dan pemulasaraan jenazah dengan protokol Covid-19,” kata Eneng kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Senin (25/01/2021).

Pihaknya menambahkan, saat ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Sukabumi, telah mengumumkan jumlah penambahan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan sample swab, sebanyak 25 pasien.

“Selain terdapat penambahan pasien positif, juga terdapat pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 22 pasien,” pungkasnya.

(RS/den/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds