Ada Gempa di Sukabumi, Masyarakat Diminta untuk Tetap Tenang

Gempa di Sukabumi yang terasa hingga ke Bogor pada Selasa sore (ist)

Gempa di Sukabumi yang terasa hingga ke Bogor pada Selasa sore (ist)


POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik pada Senin (11/1/2021) pukul 19:35 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=3,3.

Episenter terletak pada koordinat 6.81 LS dan 106.96 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km TimurLaut Kota Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 4 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi Dangkal akibat aktivitas Sesar lokal wilayah setempat.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Kudadampit, Cipanas, Cibodas, Cianjur, Sukabumi dan Sukalarang dengan Skala Intensitas III MMI.

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. Hingga pukul 20:03 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds