Ditargetkan Rampung Mei 2021, Progres Pembangunan TPA Cikundul Sudah Capai 21 Persen

Kondisi pembangunan TPA Cikundul di Kampung Saluyu RT5/7, Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu.

Kondisi pembangunan TPA Cikundul di Kampung Saluyu RT5/7, Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI — Progres pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikundul di Kampung Saluyu RT5/7, Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu, sudah mencapai sekitar 21 persen, Rabu (2/12/2020).

Proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), senilai Rp 13.099.303.900 yang dikerjakan PT Tureloto Battu Indah (TBI) ini sudah dikerjakan sejak 13 Agustus 2020 dengan terget pembangunan dapat diselesaikan pada Mei 2021 mendatang.

Kepala Cabang PT TBI Sukabumi, Karel Manoppo menjelaskan, dalam proses pembangunan terdapat kendala diamana saat memulai pembangunan seharusnya lahan itu nol sampah. Namun, karena lahan sudah digunakan untuk pembuangan sampah sehingga harus melakukan pengangkatan sampah terlebih dulu.

“Saat itu, di lokasi pembangunan ada sampah sekitar 11 ribu kubik. Tetapi hal ini menurut saya wajar, karena dinas pengusulkan pembangunan ini tiga tahun sebelumnya,” jelas Karel kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Rabu (02/12/2020).

Mengingat hal itu, lanjut Karel, karena saat terdapat sampah sehingga PT TBI berusaha berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mencarikan solusinya.

“Kami berunding dengan Dinas DLH. Tetapi, karena dinas tidak memiliki anggaran karena adanya Copid-19 akhirnya sepakat meminjamkan alat berat untuk mengangkut sampah yang sudah menumpuk di lokasi yang hendak dibangun dengan kesepakatan bahwa anggaran untuk biaya transportasi dan lainnya kami yang menanggung,” ujarnya.

Awalnya, PT TBI menargetkan pemindahan sampah tersebut dapat diselesaikan pada Juli lalu. Namun, tidak sesuai dengan apa yang sudah ditargetkan.

“Pada Juli diperkirakan sudah selesai, tapi pada kenyataannya belum selesai karena memindahkan sampah itu lebih berat dibandingkan dengan pengangkutan tanah,” ucapnya.

Menurut Karel, seharusnya PT TBI bekerja hanya melaksanakan pembangunan tanggul, bio membran, kolam UPL dan fasilitas penunjang pembangunan lainnya.

“Karena itu, pengangkutan sampah ini kami anggap sebagai CSR perusahaan kami,” imbuhnya.

Kendati demikian, sambung Karel, progres pembangunan TPA Cikundul ini bakal dapat diselesaikan sesuai dengan waktu pengerjaan yang sudah ditetapkan.

“Meski ada kendala seperti ini, kami optimis pembangunan bisa selesai dengan tepat waktu,” pungkasnya.

(RS/bam/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds