Musim Hujan, Dua Kecamatan di Kota Sukabumi Ini Beresiko Tinggi Terdampak Bencana

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Memasuki musim penghujan, dua kecamatan di Kota Sukabumi termasuk kedalam wilayah yang ancaman berisiko tinggi terdampak bencana. Kedua wilayah tersebut diantaranya Kecamatan Cikole dan Gunungpuyuh.

“Kedua wilayah itu resiko bencana banjir dan longsor,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Imran Wardani, belum lama ini.

Dijelaskannya, pada umumnya tujuh wilayah kecamatan memiliki ancaman risiko terdampak bencana alam. Hanya saja, BPDB membagi klasifi – kasi berdasarkan peta kerawanan.

“Dari ketujuh kecamatan yang memiliki risiko bencana tersebut, kita memasukannya dalam berbagai klasifikasi berdasarkan peta kerawanan,” terang dia.

Sementara untuk wilayah yang masuk dalam dalam klasifi kasi rendah ialah Kecamatan Cibereum. Sedangkan untuk Kecamatan Lembursitu memiliki risiko bencana gempa karena berdekatan dengan patahan Cimandiri.

Lanjutnya, karena memiliki risiko bencana gempa yang tinggi maka untuk wilayah Kecamatan Lembursitu tidak disarankan untuk mendirikan bangunan disekitar wilayah tersebut.

“Pada dasarnya setiap wilayah di Kota Sukabumi memiliki karakteristiknya masing – masing yang berbeda, sehingga kita akan melakukan kajian dan mitigasi bencana,” ucapnya.

Pihaknya menambahkan, memasuki musim hujan hampit semua wilayah di Kota Sukabumi sering terjadi bencana hidrometeorologi, seperti angin kencang, dan banjir.

“Oleh karena itu, kami meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi musim hujan, karena sering terjadi bencana alam diberbabagi titik,” pungkasnya.

(RS/bal/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds