Ini Jenis Gempabumi Landa Sukabumi Subuh Tadi

 (ilustrasi)

(ilustrasi)


POJOKJABAR.com, SUKABUMI– Dampak gempa bumi di Kabupaten Sukabumi digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG, termasuk laporan dari masyarakat.

Diketahui, gempa bumi ini sendiri dirasakan di wilayah Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Demikian disampaikan Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Hendro Nugroho, dalam keterangan tertulisnya.

Hingga pukul 05:01 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). “Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkas Hendro.

Seperti diketahui, wilayah Kabupaten Sukabumi, dan sekitarnya diguncang gempa bumi Tektonik, Minggu (29/11/2020) pukul 04:07 WIB.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini sama-sama berkekuatan M=4.9, terletak pada koordinat 7.69 LS dan 106.44 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 km Barat Daya Kabupaten Sukabumi, pada kedalaman 21 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia,” terangnya.

(*/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds