Resmi Diperpanjang, Pendaftar Banpres UMKM di Kabupaten Sukabumi Membludak

Kepadatan warga yang melakukan pendaftaran Bantuan Presiden (Banpres) atau BLT UMKM di kantor Dinas Koperasi Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (DKPUKM) Kabupaten Sukabumi.

Kepadatan warga yang melakukan pendaftaran Bantuan Presiden (Banpres) atau BLT UMKM di kantor Dinas Koperasi Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (DKPUKM) Kabupaten Sukabumi.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI — Pendaftaran Bantuan Presiden (Banpres) atau BLT UMKM di Kabupaten Sukabumi resmi diperpanjang. Sejumlah masyarakat yang memiliki UMKM berbondong-bondong datang ke kantor Dinas Koperasi Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (DKPUKM) Kabupaten Sukabumi.

Namun, siapa sangka bahwa bantuan tersebut dimamfaatkan oleh segelintir onkum yang tidak memiliki UMKM namun mendaftarka demi mendapatkan bantuan.

Mudahnya, syarat dan tanpa verifikasi membuat semua masyarakat leluasa mengajukan bantuan. Berdasarkan pantauan, hampir setiap harinya ribuan masyarakat silih berganti berdatangan dan rela berdesak-desakan.

Ali (32), salah satu warga asal Cicantayan, Kabupaten Sukabumi mengaku, berangkat dari kediamannya pukul 06:00 WIB agar bisa melakukan pendaftaran Bantuan Presiden (Banpres) atau BLT UMKM saat pertama kali kantor DKPUKM dibuka.

“Saya dari pagi, tadinya memang siapa tidak terlalu antre. Tetapi, ternyata banyak juga pendaftar dari wilayah lain yang juga datang pada pagi hari,” jelasnya kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Rabu (21/10/2020).

Namun begitu, sistem pendaftaran yang dilakukan di kantor DKPUKM ini disederhanakan. Artinya, saat ini pendataan hanya menyerahkan KTP, KK dan SKU serta nomor telepon.

“Kalau sekarang kami tidak isi form, jadi lebih cepat walaupun memang setiap hari ribuan pendaftar datang, namun tidak mengantre lama,” sebutnya.

Ali yang sehari-hari memproduksi makanan ringan bersama keluarganya ini berharap bisa mendapatkan bantuan tersebut untuk tambahan modal usaha yang tekuninya itu.

“Tentunya saya berharap dapat pak, tetangga saya pun sudah ada yang cair. Karena dalam kondisi seperti ini cukup sulit pak,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang UKM DKPUKM Kabupaten Sukabumi, Nandang menyebutkan, perpanjangan pendaftaran Bantuan Presiden (Banpres) atau BLT UMKM dibuka hingga November 2020.

“Ya diperpanjang hingga November 2020, tapi bagi para pelaku usaha mikro yang akan mendaftar disarankan sebelum pertengahan November,” sebutnya.

Nandang juga menjabarkan, pemohon bantuan UMKM tersebut kurang lebih terdapat tujuh jalur. Pertama, Pemerintah daerah, Himbara , Asosiasi BPR , Koperasi, PNM, Pegadaian dan PIP dari Kementrian Keuangan.

“Jadi pemohon bantuan ini bisa dari beberapa sumber, bukan hanya pemerintah daerah saja. Semoga saja bentuan ini dapat membantu pemuihan ekonomi, khususnya di Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya.

(RS/upi/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds