Progres Calon Daerah Otonomi Baru Kabupaten Sukabumi Utara Selangkah Lagi

Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Sukabumi Utara

Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Sukabumi Utara


POJOKJABAR.com, SUKABUMI — Progres Calon Daerah Otonomi Baru Kabupaten Sukabumi Utara (CDOB KSU), saat ini masih terus berlanjut. Bahkan, dalam waktu dekat ini pemerintah Provinsi Jawa Barat telah berencana akan mengajukan soal pemekaran daerah Kabupaten Sukabumi.

Aktivis Presidium Calon Daerah Otonomi Baru Kabupaten Sukabumi Utara (CDOB KSU), Wibowo HK mengatakan, pihaknya membenarkan perihal rencana pemerintah Provinsi Jawa Barat yang akan mengajukan CDOB KSU.

“Untuk itu, kami dari Presidium saat ini tengah melihat dan menunggu keputusan dari pemerintah pusat mengenai CDOB KSU itu,” kata Wibowo kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Senin (19/10/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan, pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana pada November 2020 telah disposisi untuk mengajukan DOB di wilayanya kepada pemerintah pusat. Yakni, DOB Bogor Barat, DOB KSU dan DOB Garut Selatan.

“Nah, mudah-mudahan tahun depan DOB KSU bisa terealisasi atau terwujud,” paparnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebelum mengajukan DOB KSU ke pemerintah pusat, terlebih dahulu pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi dalam menindaklanjuti nota pengantar dari Gubernur Jawa Barat untuk membuat kesesepakatan bersama tiga Calon Daerah Sementara Otonomi Baru.

“Jadi, rencana pengajuan pemerintah Provinsi Jawa Barat tentang DOB KSU itu, merupakan salah satu tindak lanjut pemerintah Provinsi Jawa Barat setelah melakukan kunjungan kerja ke Gedung Negara Pendopo Sukabumi pada beberapa waktu lalu. Alhamdulillah, ditindak lanjuti dan sesuai dengan progres,” paparnya.

Aktivis Presidium CDOB KSU optimis, terkait rencana pemekaran Kabupaten Sukabumi Utara akan terwujud pada 2021 mendatang. Lantaran, selain dalam persyaratan adminstrasinya sudah kuat. Kabupaten Sukabumi juga sudah sepakat dalam anggarannya.

Bahkan, pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi juga menyiapkan kantor pemerintahan sementara CDOB KSU untuk kantor Bupati persiapan dan Setda yang di pusatkan di kantor Komplek BKPSDM di Jalan Raya Kadupugur, Cijalingan, Kecamatan Cicantayan dan kantor pusat pemerintahan Kabupaten Sukabumi Utara juga sudah disiapkan berupa aset milik pemerintah daerah dengan seluas kurang lebih 10 hektare.

“Waktu dulu juga, Pak Soni Sumarsono saat menjabat sebagai Dirjen di Kementraian Dalam Negeri, mengatakan bahwa persyaratan Kabupaten Sukabumi untuk rencana pemekaran sudah tidak ada masalah. Bahkan, sudah masuk pada Amanat Presiden (Ampres).

Makanya, saat sekarang akan diajukan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat ke pemerintah pusat, kami dari Presidium merasa yakin, DOB KSU itu akan terwujud pada tahun depan,” pungkasnya.

(RS/den/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds