Kerugian Pasca Banjir Banda di Tiga Kecamatan Sukabumi sampai Rp 23 Miliar

Ilustrasi banjir bandang di Kabupaten Sukabumi yang merupakan daerah terparah akibat diterjang banjir bandang pada Senin (21/9).

Ilustrasi banjir bandang di Kabupaten Sukabumi yang merupakan daerah terparah akibat diterjang banjir bandang pada Senin (21/9).


POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, mencatat sebanyak 623 rumah warga dan fasilitas umum rusak berat pasca banjir bandang yang melanda tiga kecamatan di Kabupaten Sukabumi beberapa waktu lalu.

Akibatnya kerugian mencapai Rp 23,73 miliar.

Sekertaris BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani mengatakan berdasarkan data rekap terakhir bencana banjir bandang yang melanda Kecamtan Cicurug, Parungkuda, dan Cidahu sebanyak 623 rumah dan fasilitas umum mengalami kerusakan parah.

“Dari sebanyak 623 tersebut, 411 di antaranya rumah warga mengalami rusak berat, sedangkan 212 lainnya terdiri dari fasilistas umum seperti jembatan, saluran air bersih, bendungan, TPT, dan saluran air bersih,” katanya.

Ia menambahkan, sebanyak 243 rumah dan satu jembatan di tiga kecamatan yang terdampak banjir bandang mengalami kerusakan ringan dan sedang.

“Berdasarkan data rekap terakhir bencana banjir bandang yang melanda tiga kecamatan tersebut kerugian tercatat mencapai Rp 23,73 miliar. Selain itu tiga warga asal Kampung Cibuntu, Desa Pesawahan, Kecamatan Cicurug meninggal dunia akibat terseret arus,” katanya.

Anita mengatakan, hingga saat ini terkait penangan dan rehabilitasi kerusakan akibat banjir bandang di tiga kecamatan tersebut masih berkoordinasi dengan dinas serta intansi terkait.

“Sejauh ini kami masih berkoorinasi dengan Dinas PUPR dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) serta Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Sukabumi dalam penanganan selanjutnya,” katanya.

Ia menambahkan, sejumlah warga yang rumahnya terdampak saat ini masih mengungsi di sanak saudaranya.

Namun ada beberapa warga lainya sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

————

Belanja frozen food terbaik dan murah hanya ada di BozzFoods. Klik www.bozzfoods.com

Buka situs blokir tanpa VPN? Cari aplikasi Kojop di Playstore sekarang!!

(iph/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds