Tiap Bulan, Volume Sampah di Kota Sukabumi Terus Meningkat

Sejumlah petugas saat melakukan pengelolaan TPA Cikundul dengan menggunakan alat berat, belum lama ini.

Sejumlah petugas saat melakukan pengelolaan TPA Cikundul dengan menggunakan alat berat, belum lama ini.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi, menyebutkan volume sampah terus bertambah setiap bulannya. Hal ini, terjadi seiring bertambahnya penduduk dan tingkat konsumsi.

Adapun jenis sampah yang dihasilkan, didominasi sampah organik sekitar 63 persen. Seperti, sampah basah, seperti sisa makanan, sayuran, ranting dan lain sebagainya.

“Dalam satu bulan ini saja, volume sampah di Kota Sukabumi mencapai 5.134,8 ton. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan bulan sebelumnya,” kata Kasi Pelayanan Kebersihan Wilayah 3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi, Banyu kepada wartawan, Jumat (25/9/2020).

Lanjut Bayu, di sisi lain kapasitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) terus berkurang akibat semakin bertambahnya volume sampah. Saat ini, luas daya tampung TPA tersisa tinggal tiga hektar dari luas keseluruhan 10,7 hektar.

“Luasan itu masih mampu menampung sampah di Kota Sukabumi sampai tiga tahun ke depan,” ungkapnya.

Bayu menjelaskan, Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di Kota Sukabumi saat ini ada sebanyak 363 yang tersebar di sejumlah titik. Jumlah ini sudah cukup untuk menampung sampah.

“Jika TPS tidak perlu ditambah lagi, yang perlu yaitu adanya reduce, reuse dan recyle (3R) sehingga bisa mengurangi volume sampah,” ucapnya.

Pihaknya meminta, masyarakat bisa terlebih dulu memilih dan memilah sampah yang akan dibuang ke TPA.

“Masyarakat harus bisa memilih dan memilah sampah yang akan di buang mulai dari rumah. Sehingga nantinya bisa memudahkan petugas TPA. Dengan begitu kami yakin sampah yang masuk ke TPA Cikundul tidak akan begitu banyak sehingga bisa memperpanjang usia TPA,” pungkasnya.

(RS/bam/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds