Langgar Protokol Kesehatan, Wisatawan ‘Nakal’ di Kawasan Wisata Pantai Selatan Sukabumi Dihukum Bersihkan Trotoar

Petugas gabungan saat memberikan sanksi sosial kepada warga dan wisatawan yang kedapatan melanggar protokol kesehatan salah satunya tak memakai masker untuk menyapu badan trotoar di seputaran Alunalun Palabuhanratu, Minggu (20/9).

Petugas gabungan saat memberikan sanksi sosial kepada warga dan wisatawan yang kedapatan melanggar protokol kesehatan salah satunya tak memakai masker untuk menyapu badan trotoar di seputaran Alunalun Palabuhanratu, Minggu (20/9).


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kesadaran masyarakat khususnya wisatawan dalam menggunakan masker di saat pandemi virus corona atau Covid-19 masih minim. Terbukti, saat petugas gabungan melakukan operasi yustisi untuk peningkatan pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan di ruas Jalan Raya Palabuhanratu yang merupakan salah satu pintu masuk ke lokasi kawasan wisata Pantai Selatan Sukabumi, Minggu (20/9), masih banyak pelanggaran.

Kapolres Sukabumi, AKBP Luman Syarif melalui Paur Humas Polres Sukabumi, Ipda Aah Saepul Rohman mengatakan, warga masih banyak mengabaikan himbauan agar penggunaan masker wajib digunakan. Terutama saat melakukan aktivitas sehari-hari.

“Untuk itu, warga yang tidak menggunakan masker saat di luar rumah, dihukum menyapu trotoar di Alun-alun Palabuhanratu,” jelas Aah kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Minggu (20/09/2020).

Tim gabungan operasi yustisi Covid-19 Kabupaten Sukabumi ini, sengaja menerapkan sanksi sosial kepada para pelanggar protokol kesehatan supaya meraka sadar akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi. Pasalnya, penyebaran Covid-19 tidak mengenal waktu dan tempat.

“ Setelah diberikan teguran, masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker langsung di beri sapu untuk melaksanakan sanksi sosial,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, dengan sanksi sosial tersebut, masyarakat dapat semakin patuh untuk memakai masker di tempat umum. Ini perlu dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona sesuai dengan implementasi Instruksi Presiden Nomor 06 Tahun 2020.

“Operasi yustisi Covid-19 ini, terus digencarkan oleh tim gabungan mulai dari TNI, Polri dan aparatur pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi,” bebernya.

Menurutnya, operasi yustisi ini telah dilakukan secara serentak dari mulai tingkat Polres hingga seluruh Polsek di masing-masing wilayah. Untuk itu, pada akhir pekan ini, sasaran operasi juga akan menargetkan kepada para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata.

“Petugas selalu mengingatkan kepada para wisatawan dan para pengelola wisata agar mematuhi prosedur protokol kesehatan, terutama memakai masker dan menjaga jarak. Sementara, personil yang terlibat dalam operasi yustisi Covid-19 ini, tetap mengedepankan Satpol PP Kabupaten Sukabumi Sukabumi yang didukung oleh petugas TNI dan Polri,” pungkasnya.

(RS/den/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds