Video Ritual Penghapusan Dosa di Sungai Cikidang Sukabumi Viral, Ini Kata Camat Cikidang

 Foto salin tangkap video pemurtadan yang dinarasikan di Cikidang, Sukabumi

Foto salin tangkap video pemurtadan yang dinarasikan di Cikidang, Sukabumi


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Jagat media sosial Sukabumi dihebohkan dengan sebuah video yang memperlihatkan ritual penghapusan dosa di sebuah sungai yang dikelilingi pohon kelapa sawit. Dalam beberapa informasi video tersebut terjadi di wilayah Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi.

Pada video yang berdurasi sekitar 2 menit 52 detik tersebut, memperlihatkan bebrpaa warga yang didominasi oleh ibu-ibu berhijab telah dibimbing oleh seorang laki-laki. Para warga yang berada danau itu satu persatu dijatuhkan perlahan kedalam ari sebagai syarat ritual tersebut.

Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id) pun menghubungi Camat Cikidang, Zatmika. Setelah pihak Muspika melakukan verifikasi video tersebut dipastikan bukan terjadi di wilayah Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi.

“Ya betul, beberapa hari ini video tersebut cukup meresahkan. Setelah melakukan komunikasi dengan tokoh Muspika, tokoh agama, masyarakat, dipastikan video tersebut bukan terjadi di wilayah Cikidang,” jelasnya saat dihubungi, Rabu (5/8/2020).

Selain tempat yang terlihat pada video tersebut, lanjutnya, pihaknya tidak mengenali satu pun orang yang ada di dalam video tersebut sehingga semua memastikan video yang viral itu terjadi di daerah lain.

“Tidak ada tempat serta tidak ada yang mengenali warga dalam video tersebut. Jujur, hal itu cukup membuat coreng Cikidang, makanya kami bersama muspika mengkalrifikasi,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua MUI Kecamatan Cikidang, Deden Zaenal Mutaqin menyatakan bahwa video tersebut hoax. Pihaknya memastikan, pemurtadan seperti yang disebut dalam video tersebut tidak terjadi di Kecamatan Cikidang

“Sampai saat ini di Kecamatan Cikidang (yang terdiri) 12 desa tidak ada indikasi pemurtadan. Intinya sampai saat ini, Alhamdulillah di Kecamatan Cikidang tidak ada pemurtadan seperti yang di video itu,”pungkasnya.

(RS/upi/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds